BCS CHANNEL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Analisis Efektivitas Tayangan BCS Channel di YouTube.com Melalui Pendekatan Epic Model Menurut Subscribers BCS Channel)

Prawirawan, Putu Intaran Wahyu (2018) BCS CHANNEL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Analisis Efektivitas Tayangan BCS Channel di YouTube.com Melalui Pendekatan Epic Model Menurut Subscribers BCS Channel). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PUTU INTARAN WAHYU PRAWIRAWAN)
KOM04626.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ekspansi media sosial YouTube di Indonesia sangatlah cepat karena YouTube termasuk media yang sangat mudah dipelajari dan tidak terdapat batasan maupun aturan dalam men-share sesuatu hal khususnya video. Fakta ini menjadi salah satu terobosan yang menjadi perhatian pemilik merek, perusahaan, maupun organisasi tertentu untuk dijadikan sebagai strategi komunikasinya. Mengikuti perkembangan teknologi, Suporter PSS Sleman Brigata Curva Sud (BCS) juga memanfaatkan media sosial YouTube untuk mempromosikan aktivitasnya kepada publik maupun anggotanya. Brigata Curva Sud melalui youtube channel “BCS Channel” mencoba menjadi komunikator yang bersifat massa terkait berbagai movement yang dilakukan. Sehubungan dengan keberadaan Suporter PSS Sleman Brigata Curva Sud (BCS) dalam mempromosikan aktivitasnya kepada publik maupun anggotanya melalui youtube channel, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas media promosi Brigata Curva Sud melalui youtube channel melalui pendekatan EPIC Model. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang digunakan utnuk menemukan atau membangun penjelasan tentang suatu kejadian atau fenomena dalam suatu penelitian mempunyai hubungan sebab akibat. Penelitian ini menggunakan metode survey sebagai metode pengumpulan data yaitu metode penelitian dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi subscribers BCS Channel sebanyak 68.162 subscribers. Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling dan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan pendekatan EPIC Model yaitu Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication. Secara keseluruhan pengukuran efektivitas tayangan BCS Channel di YouTube.com berada dalam rentang skala antara 3,41 - 4,21 dengan nilai 3,80 menunjukkan promosi yang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa tayangan BCS Channel di Youtube.com termasuk promosi yang efektif dalam menyampaikan informasi mengenai Suporter PSS Sleman Brigata Curva Sud sebagai kelompok antithesis dari kelompok supporter lainnya yang identik dengan kekerasan. Selain itu dari keempat dimensi dalam EPIC Model yang digunakan untuk menganalisa efektivitas media promosi Brigata Curva Sud yang memiliki angka paling efektif adalah dimensi Empathy dengan skor rata-rata 3,83. Dengan demikian, promosi yang dilakukan mudah dimengerti, berkesan, mampu merepresentasikan subscribers dengan Brigata Curva Sud, disukai oleh Subscribers dan promosi tersebut dianggap mudah diingat diingat oleh Subscribers. Dalam dimensi empathy, tayangan BCS Channel di Youtube.com, terbukti mampu menginformasikan dan menumbuhkan kesukaan konsumen pada Brigata Curva Sud, mampu membentuk ix dan membangun perasaan dan kemampuan untuk mengubah perilaku audience maupun khalayak. Misalnya pesan dalam youtube channel “BCS Channel” yang disampaikan oleh Brigata Curva Sud menarik dilihat dan menciptakan perhatian khusus terhadap kelompok supporter ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Promosi, YouTube, Brigata Curva Sud, Empathy, Persuasion, impact, communication, Supporter PSS Sleman
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Feb 2019 03:25
Last Modified: 25 Feb 2019 03:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item