Strategi Komunikasi dalam Penyampaian Isu Sosial Melalui Musik (Studi Deskriptif Kualitatif pada Grup Musik “Libertaria” dalam Mensosialisasikan Isu Sosial Melalui Musik)

CARINADEWI, SILVIA DIAZ (2018) Strategi Komunikasi dalam Penyampaian Isu Sosial Melalui Musik (Studi Deskriptif Kualitatif pada Grup Musik “Libertaria” dalam Mensosialisasikan Isu Sosial Melalui Musik). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SILVIA DIAZ CARINADEWI)
KOM04929.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Musik menjadi salah satu cara seseorang atau sekelompok orang untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan mampu menggerakkan pendengarnya untuk melakukan misi-misi yang menjadi perhatian musisi. Meskipun mampu menggerakkan massa, tema sosial masih dipandang sebelah mata. Data menunjukkan tema percintaan masih menjadi tema yang paling masif digarap dalam karya musik karena tema percintaan sangat diminati di kalangan masyarakat. Sehingga dapat dikatakan lagu cinta sangat menguntungkan dalam industri musik. Melihat kondisi yang demikian, musisi yang ingin berkarya dengan mengusung tema sosial harus melakukan usaha lebih untuk menjangkau audiens dan membuat karyanya diterima. Libertaria muncul dengan mengangkat ide sosial namun tetap mendekatkan diri dengan masyarakat. Musik yang mereka bawakan adalah musik yang baru, yaitu post-dangdut elektronika. Dengan perpaduan aliran musik ini Libertaria mampu menjangkau audiens dari kalangan manapun. Kemunculan Libertaria dengan aliran musik yang baru dan membawa isu yang jarang dibicarakan dalam karya musik tentunya membutuhkan strategi tertentu. Libertaria melakukan tiga cakupan strategi, yaitu strategi dari dalam, strategi dari luar ke dalam, dan strategi keluar. Strategi dari dalam adalah strategi yang dilakukan di dalam Grup Libertaria, Strategi dari luar ke dalam adalah keterlibatan pihak lain oleh Libertaria untuk membantu memperkuat mereka dari dalam, dan Strategi keluar adalah usaha yang dilakukan oleh Libertaria berhubungan langsung dengan pendengar. Dengan strategi tersebut, Libertaria berhasil membawakan ide sosial pada pendengarnya. Keberhasilan Libertaria dilihat dari pendengar musik Libertaria yang berasal dari berbagai kalangan. Respon positif pendengar ditunjukkan melalui penampilan Libertaria secara langsung dan keaktifan pendengar merespon aktivitas Libertaria di berbagai lini massa. Strategi yang dilakukan Libertaria tidak dapat dipisahkan dari unsur komunikasi. Terdapat empat unsur komunikasi yaitu agen, pesan, proses relasional, dan respon pesan. Unsur komunikasi agen, pesan, dan respon pesan berjalan dengan semestinya, namun berbeda dengan proses relasional. Peneliti menemukan, proses relasional mengikat strategi yang dilakukan Libertaria sehingga ketiga cakupan strategi tersebut tidak dapat dijalankan secara terpisah. Jalannya strategi-strategi tersebut secara bersamaan dan saling melengkapi membuat Libertaria berhasil membawa isu sosial dalam karya musik mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Musik, Isu sosial
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:27
Last Modified: 25 Feb 2019 04:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17012

Actions (login required)

View Item View Item