KAJIAN HUBUNGAN MANFAAT PENGELOLAAN SISA MATERIAL DALAM PERSPEKTIF MUTU, BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KUPANG

ARTAWAN, KADEK (2018) KAJIAN HUBUNGAN MANFAAT PENGELOLAAN SISA MATERIAL DALAM PERSPEKTIF MUTU, BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KUPANG. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
MTS026370.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTS026371.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTS026372.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MTS026373.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BBA IV)
MTS026374.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MTS026375.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembangunan pasti menghasilkan sisa material konstruksi yang jika tidak ditangani dengan tepat akan menimbulkan masalah. Masih banyak kontraktor yang mengabaikan masalah material konstruksi ini. Padahal Sisa material yang jika ditangani dengan baik mungkin dapat mendatangkan keuntungan, mempercepat durasi penyelesaian, dan meningkatkan kualitas konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan dan penerapan pengelolaan sisa material pada proyek konstruksi di Kupang, bagaimana manfaat dari pengelolaan sisa material tersebut dan mengkaji hubungan antara manfaat pengelolaan sisa material dalam perspektif mutu, biaya, dan waktu. Metode penelitian meliputi dua langkah utama, yaitu metoda pengumpulan data dan metoda pengolahan data. Data dikumpulkan dari pihak-pihak kontraktor melalui kuesioner. Pengelohan data dilakukan dengan menggunakan mean, standar deviasi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan sisa material yang dianggap penting dan sering diterapkan adalah memesan material sesuai dengan kebutuhan, sisa material yang masih layak pakai digunakan untuk manfaat lainnya, dan menyimpan sisa material pada lokasi yang aman sehingga terhindar dari panas, hujan, serta gangguan lainnya yang berpotensi merusak sisa material. Kemudian manfaat yang paling dirasakan dalam penerapan pengelolaan sisa material adalah penghematan pada biaya konstruksi, mengurangi penggunaan sumber daya material, dan pengurangan dalam pembuangan bahan sisa. Berdasarkan hasil analisis pengelolaan sisa material yang paling berpengaruh dalam perspektif mutu adalah penyimpanan sisa material pada lokasi yang terlindung dari panas dan hujan serta gangguan lain yang dapat berpotensi merusak sisa material, kemudian pengelolaan sisa material yang paling berpengaruh dalam perspektif biaya adalah memesan sisa material sesuai dengan kebutuhan, sedangkan pengelolaan sisa material yang paling berpengaruh dalam perspektif waktu adalah mobilisasi sisa material ke tempat penyimpanan mudah dijangkau. Hasil korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan antara manfaat pengelolaan sisa material terhadap mutu, biaya dan waktu pada proyek konstruksi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan sisa material, proyek konstruksi, sisa material, mutu, biaya, waktu
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:03
Last Modified: 25 Feb 2019 08:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item View Item