KUALITAS MINUMAN SERBUK INSTAN BUAH APEL MANALAGI (Malus sylvestris) YANG MENGANDUNG FLAVONOID DENGAN VARIASI MALTODEKSTRIN

Abbas, Vicario Absalom Amandus (2018) KUALITAS MINUMAN SERBUK INSTAN BUAH APEL MANALAGI (Malus sylvestris) YANG MENGANDUNG FLAVONOID DENGAN VARIASI MALTODEKSTRIN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
BL014180.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BL014181.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BL014182.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BL014183.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB IV)
BL014184.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BL014185.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Apel adalah buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki kadungan flavonoid yang tinggi. Banyak inovasi yang telah dilakukan menggunakan buah apel salah satunya pembuatan minuman serbuk ini. Penelitian ini bertujuan mengaplikasikan apel sebagai produk minuman serbuk dan mengetahui variasi maltodekstrin yang optimal pada minuman serbuk buah apel manalagi. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Ruang lingkup pengujian sampel minuman serbuk buah apel manalagi meliputi Uji Kadar Air, Uji Kadar Abu, Uji Flavonoid dengan Metode KLT, Analisis Warna, Analisis Waktu Larut, Pengujian Angka Lempeng Total, Uji Coliform, Organoleptik. Perlakuan pemberian maltodekstrin 20 g, 25 g dan 30 g menunjukkan hasil yang berbeda nyata pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Perlakuan penambahan maltodekstrin di dalam produk minuman serbuk instan buah apel manalagi berpengaruh terhadap kadar flavonoid, waktu larut, analisis warna, kadar air, kadar abu serta tidak berpengaruh terhadap uji Angka Lempeng Total minuman serbuk instan buah apel manalagi (Malus sylvestris). Variasi maltodekstrin untuk menghasilkan kualitas minuman serbuk instan buah apel yang paling baik secara fisik, kimia, dan mikrobiologi serta disukai oleh panelis adalah 30 g.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:56
Last Modified: 28 Feb 2019 03:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item