LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DESIGN ENTREPRENEUR SCHOOL DI YOGYAKARTA

Fernando, Aldo (2012) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DESIGN ENTREPRENEUR SCHOOL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA13064.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA13064.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TA13064.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TA13064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA13064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (Bab V)
5TA13064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TA13064.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada era kreativitas seperti saat ini, ide gagasan, dan imajinasi, bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Seperti kemampuan desain, saat ini sangatlah dibutuhkan, karena suatu karya atau produk tidak hanya harus bermanfaat tapi memiliki nilai artistik. Maka dari itu munculah istilah Design Entrepreneurship, yang merupakan pertemuan antara desain dan kewirausahaan. Pengusaha memulai desain dengan sebuah konsep dan ide inovatif yang utuh, kemudian memproduksi dan memasarkan properti intelektual yang dimiliki seorang desainer. Yogyakarta sebagai kota pelajar dan pendidikan, seni, dan budaya memiliki harapan dan peluang untuk pengembangan seni dan juga teknologi. Lalu di Yogyakarta terdapat kaum muda dari berbagai pelosok nusantara yang berkumpul di Yogyakarta untuk menuntut ilmu juga yang juga memiliki minat tinggi terhadap teknologi dan seni, karena sifat kaum muda yang dinamis, terus memperbaharui kompetensi diri, dan ekspresif. Lalu di Jogja, para seniman, akademisi, serta praktisi berkumpul. Maka tak heran, kolaborasi ketiganya memunculkan banyak industri kreatif. Dengan adanya The Design Entrepeneur School di Yogyakarta, tidak hanya semata mempelajari bagaimana menjadi seorang desainer, tetapi memberi pelatihan kewirausahaan, sehingga mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat mewujudkan visi kreatif dan melihat potensi ekonominya. The Design Entrepeneur School juga membantu peserta didik mendefinisikan dan membentuk cara terbaik untuk menggunakan bakat mereka dalam desain dan bagi masyarakat mereka dapat melayani.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2013 10:55
Last Modified: 10 Apr 2013 10:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item