ASPEK YURIDIS TANDA TANGAN KLIEN PADA DATA ORDER DALAM PERUSAHAAN DESAIN IKLAN (STUDI KASUS PADA PT. PETAKUMPET YOGYAKARTA)

HASTUTI, DWI (2004) ASPEK YURIDIS TANDA TANGAN KLIEN PADA DATA ORDER DALAM PERUSAHAAN DESAIN IKLAN (STUDI KASUS PADA PT. PETAKUMPET YOGYAKARTA). S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MIH017310.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MIH017311.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MIH017312.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MIH017313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
MIH017314.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tesis tentang Aspek Yuridis Tanda Tangan Klien dalam Data Order pada Perusahaan Desain Iklan ini dilatarbelakangi oleh pengalaman yang terjadi tentang tanda tangan pada data order yang kurang diperhatikan, padahal masalah tanda tangan ini penting karena dengan ditandatanganinya data order maka bisa dijadikan alat bukti jika suatu hari timbul permasalahan yang menyangkut pemesanan desain iklan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui akibat hukum yang timbul terutama bagi perusahaan desain iklan jika pada pemesanan order desain pada data order jika klien tidak menandatanganinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif atau penelitian doktrinal yang merupakan hasil abstraksi yang diperoleh melalui proses deduksi dari norma-norma hukum positif yang sesuai dengan tata urutan perundang-undangan yang berlaku. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis yaitu pendekatan terhadap hukum positif atau peraturan perundang-undangan yang merupakan produk yang berupa dogmatik hukum. Dari bahan hukum yang ada kemudian disusun secara sistematis, kemudian diinterpretasikan, dianalisis untuk mengevaluasi kemudian digunakan untuk menarik kesimpulan secara deduktf yang berkaitan dengan masalah tanda tangan dalam data order. Dalam penandatanganan data order ada 2 (dua) pihak yaitu perusahaan desain iklan dan klien. Asas hukum yang berlaku dalam pembuatan perjanjian antara perusahaan desain iklan dan klien adalah asas kontrak, sebagai hukum mengatur, asa kebebasan berkontrak, asas Pacta Sund Servanda, asas konsensual, asas obligatoir. Masalah penandatanganan data order sangat penting artinya karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari maka data order tersebut dapat dijadikan alat bukti di pengadilan. Jalur hukum yang bisa ditempuh untuk memecahkan masalah ini adalah penyelesaian hukum pidana tentang penipuan dan penyelesaian hukum perdata tentang wan prestasi, perbuatan melawan hukum.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Tanda tangan, klien, data order, gugatan, tuntutan
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:55
Last Modified: 06 Mar 2019 01:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17265

Actions (login required)

View Item View Item