Talo, Godlive Sadrakh (2011) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DI RUAS JALAN KALIURANG YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11964.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11964.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11964.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11964.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11964.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11964.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11964.pdf Download (775kB) | Preview |
Abstract
Kota Yogyakarta merupakan kota yang dikenal sebagai kota budaya dan kota pelajar karena banyak terdapat tempat wisata maupun sekolah atau perguruan tinggi. Banyak orang luar datang ke Yogyakarta untuk sekedar berwisata maupun menetap untuk melanjutkan pendidikan, hal ini menyebabkan tingkat mobilitas menggunakan kendaraan bertambah. Kota Yogyakarta sendiri memiliki banyak jalan yang menghubungkan tiap daerah. Jalan Kaliurang adalah salah satu jalan yang berada di Kota Yogyakarta, dimana pada ruas jalan ini terdapat pusat kegiatan masyarakat antara lain : pasar Pakem, sarana perdagangan (toko- toko grosir), sekolah, rumah sakit, puskesmas dan ruas jalan ini juga merupakan salah satu akses penghubung jalur antara daerah pariwisata Kaliurang dan Propinsi Jawa Tengah.Pasar Pakem merupakan daerah perdagangan yang mempunyai aktifitas tinggi terutama pada jam-jam sibuk. Pada saat jam sibuk hambatan samping yang terjadi seperti kendaraan parkir/berhenti, kendaraan bermotor yang keluar masuk lahan samping jalan dan arus kendaraan yang bergerak lambat menyebabkan terjadinya penurunan kecepatan lalu lintas yang akhirnya mengakibatkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas. Penelitian ini dilakukan pada lokasi Jalan Kaliurang Km 17,2- Km17,6 selama 2 hari yaitu pada Senin 18 Oktober 2010, dan Jumat 22 Oktober 2010.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas dan derajat kejenuhan yang terjadi pada ruas Jalan Kaliurang, serta meninjau kemampuan lapis perkerasan lentur dalam mendukung beban lalu lintas. Metodologi penelitian yang dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan, ada 2 jenis data yang diperlukan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan ini, yaitu data primer dan data sekunder. Dalam menganalisis data ini menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Metode Analisa Komponen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa besar nilai hambatan samping dari arah utara selatan sebesar 352,17 dan dari arah selatan-utara sebesar 355,92 yang tergolong kelas hambatan samping sedang (M). Kecepatan arus bebas dari arah utara-selatan sebesar 47,9259 km/jam dan dari arah selatan-utara sebesar 47,9259 km/jam, dengan derajat kejenuhan (DS) arah utara selatan sebesar 0,088139 dan arah Selatan- Utara sebesar 0,088673. Susunan lapisan perkerasan ruas Jalan Kaliurang Km 17,2 - Km 17,6 adalah lapisan permukaan lapis aspal beton AC dan ATB dengan tebal 6 cm, lapisan pondasi atas batu pecah (agregat kelas A) dengan tebal 20 cm, dan lapisan pondasi bawah pasir batu (agregat kelas B) dengan tebal 20 cm.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Samping, Arus Lalu Lintas, Kecepatan, Lapis Perkerasan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 27 May 2013 10:57 |
Last Modified: | 27 May 2013 10:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1729 |
Actions (login required)
View Item |