Subagyo, Akbar (2011) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN GATOT SUBROTO KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11983.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11983.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11983.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11983.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11983.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11983.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11983.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Jalan Gatot Subroto memiliki angka kecelakaan tertinggi, memiliki panjang ± 8,2 Km dan lebar efektif jalan ± 10 m yang merupakan daerah yang cukup potensial terhadap pergerakan arus lalu lintas karena terdapat perkantoran, sekolahan, pasar, pertokoan, dan pemukiman penduduk. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Data yang diperlukan dalam analisis ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari nama jalan, kecepatan rerata kendaraan dan lebar efektif jalan yang didapat dari hasil survey langsung di lapangan. Data sekunder yang diperlukan adalah peta kabupaten Cilacap, data kejadian kecelakaan lalau lintas, dan data jumlah penduduk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggolongkan kecelakaan berdasarkan faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Faktor utama terjadi kecelakaan lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto adalah manusia, umur korban kecelakaan lalu lintas yang terbanyak berumur 26- 35 tahun, lokasi yang sangat sering terjadi kecelakaan berada pada jalan yang lurus dari tahun ke tahun selalu meningkat sebesar 39,62 %, jumlah kejadian kecelakaan terbesar terjadi pada pukul 12.00 sampai dengan pukul 14.00 sebanyak 27 kejadian yang merupakan jam sibuk dan pekerjaan pelaku kecelakaan di dominasi oleh pelajar dan swasta. Kecepatan rerata kendaraan yang melewati ruas Jalan Gatot Subroto sudah melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan oleh DLLAJR Kabupaten Cilacap sebesar 30 km/jam, sedangkan untuk pemasangan rambu tidak sesuai dengan yang disyaratkan oleh Keputusan Menteri Perhubungan nomor 61 tahun 1993 tentang Rambu-Rambu Lalu Lintas. Upayaupaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan pada jalan Gatot Subroto, yaitu : memberikan pendidikan lalu lintas dan sanksi yang tegas pada pengguna jalan yang melanggar peraturan berlalu lintas dan pemasangan rambu harus sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 61 tahun 1993 tentang Rambu Lalu Lintas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ruas jalan, rambu, kecepatan, kecelakaan, korban |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 27 May 2013 11:00 |
Last Modified: | 27 May 2013 11:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1730 |
Actions (login required)
View Item |