SIMULASI PERAMBATAN GELOMBANG AKUSTIK DENGAN KONDISI BATAS PML MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN PARALEL GPU CUDA

Juliantara, I Putu Eka (2019) SIMULASI PERAMBATAN GELOMBANG AKUSTIK DENGAN KONDISI BATAS PML MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN PARALEL GPU CUDA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF085020.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF085021.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF085022.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TF085023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text (BAB IV)
TF085024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TF085025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF085026.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat simulasi perambatan gelombang akustik untuk mempelajari kualitas akustik ruang. Solusi numerik dengan metode Lattice Boltzmann dipilih untuk membuatnya. Kondisi batas Bounce Back diimplementasikan untuk mendukung kondisi ruang dengan keberadaan objek di dalamnya. Selain itu, kondisi batas Perfectly Matched Layer (PML) diimplementasikan untuk meredam pantulan yang terjadi di batas domain sehingga tidak mengganggu simulasi di dalamnnya. Pemrograman paralel GPU CUDA digunakan untuk mempercepat waktu eksekusi simulasi. Sebagai hasil, simulasi perambatan gelombang akustik berhasil dibuat beserta sifat refleksi dan difraksi dengan kondisi batas Bounce Back. Program paralel (GPU) berhasil dibuat dan mempercepat dengan rata-rata peningkatan kecepatan yaitu 4.77 kali dari program serial (CPU) untuk 13 kali percobaan dengan bentuk domain simulasi yang berbeda. Peningkatan tercepat yaitu 7.17 kali dan terendah yaitu 2.9 kali. Kondisi batas PML juga berhasil diimplementasikan dan meredam pantulan yang terjadi di batas domain. Namun, PML membuat beban komputasi bertambah khususnya pada program paralel (GPU). Hal ini dapat ditinjau lebih lanjut untuk perbaikan penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Gelombang Akustik, Lattice Boltzmann Methods, Bounce Back, Perfectly Matched Layer, GPU CUDA.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 13 Mar 2019 02:22
Last Modified: 13 Mar 2019 02:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17501

Actions (login required)

View Item View Item