PENYEDERHANAAN DESAIN ISLAMIC PATTERN BASE RELIEF BATIK INDONESIA UNTUK MASJID AL-HUDA DENGAN ARTISTIC CAD/CAM

Dewi, Pascalia Maharani (2019) PENYEDERHANAAN DESAIN ISLAMIC PATTERN BASE RELIEF BATIK INDONESIA UNTUK MASJID AL-HUDA DENGAN ARTISTIC CAD/CAM. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TI079490.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI079491.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI079492.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI079493.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB IV)
TI079494.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TI079495.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI079496.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

PT. Nuanza Porcelain Indonesia (PT. NPI) merupakan perusahaan manufaktur di bidang keramik dan porcelain dengan kualitas tinggi dalam memenuhi kebutuhan pasar lokal dan internasional. Salah satu produk PT. NPI adalah keramik dinding yang telah menghiasi hotel-hotel berbintang, restaurant ternama, resort, dan masjid. Keramik dinding dihiasi oleh ornamen yang memiliki filosofi atau ciri khas tertentu. Ciri khas ornamen bernuansa Islami adalah ornamen vegetal atau flora. Reverse engineering (RE) adalah metode pengembangan produk baru secara cepat dengan memodifikasi model fisik meskipun data tidak tersedia atau data yang dimiliki terbatas. Keterbatasan data dapat disebabkan karena data yang dimiliki hanya berupa foto. Hal tersebut dialami oleh PT. NPI dalam pembuatan keramik dinding untuk Masjid Al-Huda di Jakarta. Kendala yang dihadapi PT. NPI adalah hanya mengacu pada data foto dan masih digunakannya teknologi hand made dalam pembentukan master pola cetakan keramik dinding yang menyebabkan ketidakpresisian dan tidak mampu dalam hal kesamaan geometri, bentuk dan artisitiknya. Peneliti sebelumnya yaitu Gunadi (2017) telah menghasilkan desain keramik dinding dengan kontur yang detail dan presisi namun berimplikasi pada besarnya cost dan lama waktu pengerjaan di mesin CNC sehingga tidak mampu dipenuhi oleh PT. NPI. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh 2,5D drawing design cetakan keramik dinding dengan relief dasar batik berciri khas Islami – Batik Indonesia seperti yang diinginkan oleh pelanggan PT. NPI. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh 2,5D drawing design adalah mengembangkan penyederhaan proses desain model keramik dinding untuk mengoptimalkan cost dan lama waktu pengerjaan. Verifikasi dilakukan dengan membandingkan hasil permesinan CNC dan menghitung deviasi error yang terjadi antara model 2,5D CAD dan master pola cetakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa antara model 2,5D CAD dan hasil permesinan master pola cetakan berhasil dilakukan dan memenuhi standar yang ditetapkan PT. NPI dengan deviasi error dibawah 2 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keramik Dinding, Ornamen Islami, ArtCAM 2015 R2, PowerSHAPE 2016, Reverse Engineering, Artistic CAD/CAM.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 13 Mar 2019 12:48
Last Modified: 19 Oct 2021 07:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17520

Actions (login required)

View Item View Item