EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) (Studi Kasus: Jalan Grompol – Jambangan, Karanganyar, Jawa Tengah)

Kusumaningroem, Tika Tresnandhini (2019) EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) (Studi Kasus: Jalan Grompol – Jambangan, Karanganyar, Jawa Tengah). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS159090.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS159091.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS159092.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TS159093.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
TS159094.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB V)
TS159095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS159096.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kondisi jalan yang baik akan memudahkan mobilitas penduduk dalam hubungan perekonomian dan kegiatan sosial lainnya. Jika terjadi kerusakan jalan, maka berakibat pada terhalangnya kegiatan ekonomi, sosial, dan memicu terjadinya kecelakaan. Penyebab kerusakan jalan disebabkan karena beban lalulintas berulang yang berlebihan (overloading), panas/suhu udara, air dan hujan, serta mutu awal produk jalan yang jelek. Penelitian dilakukan dengan mengamati kondisi perkerasan jalan yang telah rusak. Selain itu juga dilakukan perhitungan rigid pavement sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kerusakan yang terdapat pada jalan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Suface Distress Index (SDI), Bina Marga tentang perencanaan perkerasan jalan beton semen (Pd T-14-2003), dan Manual Design Perkerasan Jalan revisi 2017. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh nilai ratarata SDI secara keseluruhan adalah 126,17 yang termasuk dalam kategori rusak ringan. Beberapa lokasi sudah mengalami kerusakan berat sedangkan perbaikan jalan berupa overlay masih akan dilaksanakan 3 tahun lagi yaitu pada tahun 2021. Berhubung cara overlay sudah tidak efektif maka perbaikan kerusakan yang digunakan adalah dengan cara rigid pavement dengan tebal pelat beton yaitu 180 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan perkerasan, Surface Distress Index, Penanganan kerusakan, Rigid Pavement.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:47
Last Modified: 14 Mar 2019 01:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item View Item