ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR STASIUN LEMPUYANGAN YOGYAKARTA

SOETIJONOPUTRA, MICHAEL BUANA (2019) ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR STASIUN LEMPUYANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS161790.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS161791.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS161792.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS161793.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS161794.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
TS161795.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS161796.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dan mengetahui karakteristik parkirnya yang meliputi : akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, indeks parkir, tingkat pergantian parkir (turnover parking) dan kebutuhan ruang parkir pada saat ini di area parkir Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, dan memberikan alternatif penanganan fasilitas parkir dengan melihat kebutuhan ruang parkir saat ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai karakteristik parkir Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dan memberikan masukan pengetahuan sebagai pertimbangan dalam merencanakan fasilitas parkir yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga dapat membantu dalam menentukan kebijakan parkir di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta untuk kedepannya. Pelaksanaan pengambilan data lapangan dilakukan selama 2 hari, yaitu Rabu dan Sabtu pada tanggal 10 dan 13 Oktober 2018 pukul 11:00–17:00 WIB. Metode pelaksanaan dilakukan dengan melakukan pencatatan dan perhitungan kendaraan yang masuk dan keluar area parkir. Kendaraan yang sudah ada sebelum pengamatan dimulai dianggap datang pada jam pengamatan dimulai. Dari penelitian didapat hasil analisis karakteristik parkir dengan perolehan akumulasi maksimal untuk sepeda motor = 506 kendaraan dan untuk mobil = 16 kendaraan. Volume parkir maksimal untuk sepeda motor = 728 kend/6jam dan untuk mobil = 33 kend/6jam. Durasi parkir terbanyak untuk sepeda motor terjadi pada interval = 0–30 menit dengan jumlah maksimum = 120 kendaraan, dan untuk mobil durasi parkir terbanyak terjadi pada interval = 0–30 menit dengan jumlah maksimum = 10 kendaraan. Indeks parkir maksimum untuk sepeda motor = 117,67% dan untuk mobil = 61,54%. Turnover parkir maksimum untuk motor = 1,69 kend/6jam/ruang dan untuk mobil = 1,27 kend/6jam/ruang. Kebutuhan ruang parkir agar dapat menampung jumlah kendaraan sepeda motor pada akumulasi maksimum yaitu 506 kendaraan diperlukan ruang lebih sebanyak 76 SRP (114 m2), sedangkan untuk mobil dengan akumulasi maksimum 16 kendaraan sudah mampu ditampung oleh SRP yang tersedia saat ini. Untuk hubungan akumulasi parkir terhadap jadwal kereta api didapati bahwa terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang parkir ketika terdapat jadwal keberangkatan kereta lokal seperti Prambanan Ekspres dan Solo Ekspres, kemudian terjadi peningkatan juga ketika ada jadwal kedatangan maupun keberangkatan kereta api jarak jauh dengan tujuan seperti Jakarta, Bandung, serta Surabaya. Alternatif solusi yang diambil dalam permasalah ruang parkir saat ini adalah memanfaatkan lahan sisa dari parkir mobil untuk dijadikan lahan parkir sepeda motor, sehingga dapat menambah ruang parkir sepeda motor sebanyak 76 SRP bahkan lebih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakteristik parkir, akumulasi parkir, Turnover, kebutuhan ruang parkir, jadwal kereta.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Mar 2019 02:55
Last Modified: 14 Mar 2019 02:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17545

Actions (login required)

View Item View Item