PROSES KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN SOSIAL UNTUK MENUMBUHKAN APRESIASI PADA KARYA KREATIF (Studi Deskriptif Kualitatif pada Tayangan Playlist Web Series “The Making of Soekamti’s 8th Album di Channel Youtube Endank Soekamti)

Putra, Chrisna Ardianto (2018) PROSES KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN SOSIAL UNTUK MENUMBUHKAN APRESIASI PADA KARYA KREATIF (Studi Deskriptif Kualitatif pada Tayangan Playlist Web Series “The Making of Soekamti’s 8th Album di Channel Youtube Endank Soekamti). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Chrisna Ardianto Putra)
KOM05370.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Endank Soekamti sebagai salah satu pelaku ekonomi kreatif dibidang musik, melakukan kegiatan pemasaran sosial dengan mengangkat isu sosial berupa pembajakan melalui konten web series yang diunggah melalui media online yang sekaligus digunakan sebagai media untuk mengedukasi audience dalam menumbuhkan apresiasi terhadap karya kreatif. Metode penelitian deskripstif kualitatif menggunakan teori Pemrosesan Informasi Sosial untuk mengetahui proses komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Endank Soekamti melalui tayangan playlist web series “The Making of Soekamti’s 8th Album di Channel Youtube Endank Soekamti dalam rangka menanamkan apresiasi pada karya kreatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara mendalam kepada narasumber. Subjek dari penelitian ini adalah Endank Soekamti sedangkan objek penelitian ini adalah playlist web series dengan judul The Making of Soekamti’s 8th Album di channel Youtube Endank Soekamti. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode triangulasi sumber.Triangulasi sumber merupakan yaitu teknik analisis data dengan cara membandingkan data dan informasi yang telah diambil dari berbagai sumber yang berbeda Proses komunikasi dalam pemasaran sosial merupakan salah satu bentuk komunikasi model interaksional yang menitikberatkan pada feedback dari audience. Endank Soekamti sebagai sumber mempunyai kebutuhan untuk mempromosikan album barunya sehingga Endank Soekamti melakukan kegiatan komunikasi. Endank Soekamti mengangkat isu sosial mengenai pembajakan yang dikemas melalui pesan edukatif dalam tayangan web series dan dipublikasikan melalului media online yaitu youtube. Melalui tayangan web series, audience memproses pesan dalam tayangan tersebut serta memberikan feedback melalui sarana verbal ataupun nonverbal berupa awareness, image, knowledge, dan likeability. Melalui feedback tersebut mendorong audience untuk merubah perilaku serta pola pikir (kognitif) dan dapat mengaresiasi karya kreatif yang telah diproduksi oleh Endank Soekamti dengan membeli album original secara sah dan legal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran sosial, web series, apresiasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:30
Last Modified: 27 Mar 2019 04:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17791

Actions (login required)

View Item View Item