PENGARUH MODEL KEPRIBADIAN LIMA BESAR (THE BIG FIVE PERSONALITY) TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA (ENTREPRENEURIAL INTENTIONS) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Anjani, Ristina Ary (2018) PENGARUH MODEL KEPRIBADIAN LIMA BESAR (THE BIG FIVE PERSONALITY) TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA (ENTREPRENEURIAL INTENTIONS) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21575.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kepribadian lima besar terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi program studi manajemen yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Responden yang digunakan adalah sebanual 80 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dan disebar kepada mahasiswa secara online dengan mengirimkan link kuesioner dari google forms. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskiptif dan pengujian instrument menggunakan regresi linear berganda. Dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif, nilai mean dari variabel keterbukaan terhadap pengalaman, kesadaran, ekstroversi dan niat berwirausaha termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan variabel kesadaran termasuk dalam kategori sangat tinggi. Variabel selanjutnya adalah variabel neurotisme yang memiliki nilai mean sedang. Hasil penelitian dari regresi berganda menunjukkan bahwa variabel keterbukaan terhadap pengalaman, kesadaran, ekstroversi, keramahan, dan kesadaran memiliki pengaruh positif dan signifkan terhadap niat berwirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: the big five personality, entrepreneurial intention, dan uji regresi linear berganda.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:40
Last Modified: 27 Mar 2019 04:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17797

Actions (login required)

View Item View Item