YOLANDA, CINDY (2018) FAKTOR PENGHAMBAT KOMUNIKASI PERSUASIF ANTARA PT BAYAN RESOURCES TBK DENGAN KOMUNITAS DALAM PROGRAM PROYEK AIR BERSIH (PERIODE SEPTEMBER 2017 – JANUARI 2018). S1 thesis, UAJY.
Text
KOM04958.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Komunikasi persuasif dapat ditemukan dalam berbagai konteks komunikasi, hal ini merujuk kepada pengertian persuasi sebagai upaya komunikasi dari sumber pesan kepada penerima pesan dengan tujuan membuat penerima pesan tersebut menyetujui informasi yang disampaikan, hingga perubahan sikap dan tindakan sebagai respon pada informasi yang disampaikan. Berdasarkan berbagai konteks komunikasi yang mengandung persuasi, perusahaan pertambangan memiliki ujud nyata dalam upaya menciptakan persuasi yang berhasil, salah satunya dalam konteks hubungan komunitas termasuk pada program-program di dalamnya. Menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang dapat menyebabkan ketidakberhasilan persuasi, dengan meninjau berdasarkan seluruh rangkaian persuasi yang dijalankan oleh PT Bayan Resources Tbk kepada komunitasnya, yaitu warga Desa Bukit Jering, pada program proyek air bersih. Proses persuasi yang berjalan juga menjelaskan mengenai setiap komponen yang ada dalam persuasi dan pengaruhnya terhadap keberhasilan persuasi yang dijalankan. Hambatan persuasi tidak hanya merujuk kepada hal-hal yang dirasa menghambat proses persuasi, melainkan merujuk kepada setiap bagian yang terkandung dalam persuasi. Penelitian mengenai analisis faktor penghambat dalam persuasi ini juga memberikan pemahaman bahwa pada praktiknya, persuasi yang dijalankan harus selalu menyesuaikan dengan konteks dan kondisi yang dihadapi pada realitas, seperti halnya sumber pesan, penerima pesan, dan lainnya. Faktor penghambat yang ada pada komunikasi persuasif antara PT Bayan dengan komunitas yaitu warga desa Bukit Jering dalam program air bersih ini, meliputi pesan-pesan persuasi yang tidak sepenuhnya terserap oleh warga, pesan persuasi yang kurang memiliki poin kuat, hingga persuader yang berasal dari aparat desa kurang memiliki kredibilitas atau kepercayaan dari warga sehingga menghambat proses persuasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Persuasif, Hambatan Persuasif, Hubungan Komunitas. |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 01:37 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 01:37 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17853 |
Actions (login required)
View Item |