STRATEGI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI DESKRIPSI TUGAS (Studi Kasus Pemberdayaan Student Staff di Kantor Admisi dan Akademik Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

VIOLENTA, DENISSE NADYA MAYA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI DESKRIPSI TUGAS (Studi Kasus Pemberdayaan Student Staff di Kantor Admisi dan Akademik Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05257.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat penggunaan strategi komunikasi dalam proses sosialisasi deskripsi tugas. Kantor Admisi dan Akademik menggunakan mahasiswa untuk membantu pekerjaannya disebut dengan student staff. Dalam pekerjaannya tersebut seorang student staff membutuhkan akses akan informasi mengenai deskripsi tugas. Akses informasi tersebut diperoleh melalui proses sosialisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi dalam sosialisasi deskripsi tugas student staff di Kantor Admisi dan Akademik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai kekuasaan dan pemberdayaan, serta konsep mengenai strategi komunikasi. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh pembelajaran dari alasan sebuah organisasi menggunakan student staff dalam sebuah organisasi pendidikan. Dengan itu, melihat penggunaan strategi komunikasi dalam proses sosialisasi deskripsi tugas di Kantor Admisi dan Akademik kepada student staff. Proses sosialisasi yang digunakan oleh KAA untuk menjelaskan mengenai deskripsi tugas adalah dengan lokakarya, pelatihan dan mentoring. Dengan cara tersebut Kantor Admisi dan Akademik menggunakan komunikator student staff lama dan motivator, kemudian media yang digunakan adalah komunikasi langsung dengan pendekatan interpersonal. Pada akhirnya, strategi komunikasi adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan deskripsi tugas dengan melibatkan elemen komunikasi seperti komunikator, media, dan pesan untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Deskripsi Tugas, Student staff
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:48
Last Modified: 29 Mar 2019 01:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item