COST MODEL ESTIMASI KONSEPTUAL UNTUK BANGUNAN GEDUNG PEMERINTAHAN (Studi Kasus pada Bangunan Gedung Milik Pemerintah di Wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten/Kota sekitarnya)

PRASETYA, WISNU ADI (2018) COST MODEL ESTIMASI KONSEPTUAL UNTUK BANGUNAN GEDUNG PEMERINTAHAN (Studi Kasus pada Bangunan Gedung Milik Pemerintah di Wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten/Kota sekitarnya). S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
MTS026610.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTS026611.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTS026612.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MTS026613.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB IV)
MTS026614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MTS026615.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Estimasi biaya tahap konseptual dapat didefinisikan sebagai perkiraan biaya proyek yang dilakukan sebelum sejumlah informasi yang signifikan terkumpul dari detail desain, dengan lingkup pekerjaan yang masih belum lengkap. Salah satu metode estimasi biaya konseptual pada konstruksi bangunan gedung yaitu Cost Significant Model (CSM). Kesulitan mendapatkan taksiran biaya yang tepat berbanding lurus dengan jumlah pekerjaan dalam perencanaan atau pengembangan yang dilaksanakan. Syarat utama yaitu estimator harus mengetahui apa yang diperlukan dalam suatu penawaran atau pendekatan rekayasa apa yang akan dipakai untuk memenuhi persyaratan. Untuk mendapatkan perhitungan yang cepat, maka harus dikembangkan suatu model perhitungan biaya untuk meningkatkan pemahaman tentang proyek dan untuk mengkomunikasikan konsep yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode Cost Significant Modelling yang telah mengidentifikasi sifat-sifat model estimasi konseptual yang ideal yaitu : sederhana, cukup akurat, dapat memberikan umpan balik yang cepat, terdiri dari elemen-elemen yang mudah untuk diukur dan dapat menggambarkan operasi kerja lapangan yang bisa digunakan sebagai acuan pengawasan pekerjaan maupun pelaksanaannya. Data yang dibutuhkan untuk analisis Cost Significant Modelling adalah dokumentasi data dan informasi proyek terdahulu yang sejenis. Data dan informasi bisa didapat dengan mengumpulkan arsip penawaran kontrak terdahulu (RAB) yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Estimasi Biaya, Cost Significant Model, Proyek, Konstruksi
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 02:41
Last Modified: 29 Mar 2019 02:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17869

Actions (login required)

View Item View Item