PENGGUNAAN KOMUNIKASI NONVERBAL PADA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM AKTIVITAS BELAJAR BAHASA BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLB/B DENA UPAKARA WONOSOBO

Kinasih, Kartika Kris (2018) PENGGUNAAN KOMUNIKASI NONVERBAL PADA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM AKTIVITAS BELAJAR BAHASA BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLB/B DENA UPAKARA WONOSOBO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05507.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Komunikasi Nonverbal dalam Komunikasi Interpersonal dalam Aktivitas Belajar Bahasa bagi Siswa Tunarungu di SLB/B Dena Upkara. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keterbatasan berkomunikasi penyandang tunarungu sehingga digunakan bahasa isyarat sebagai bahasa utama untuk berkomunikasi. Berbeda halnya dengan SLB/B Dena Upkara yang justru mengajarkan bahasa verbal bagi muridnya untuk berkomunikasi, dan diajarkan secara khusus secara interpersonal di kelas Artikulasi. Selain itu digunakan beberapa pendekatan komunikasi nonverbal untuk menyampaikan materi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian Etnografi Komunikasi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi non partisipan yang dilaksanakan di SLB/B Dena Upkara Wonosobo. Wawancara mendalam dengan tiga narasumber, serta dokumentasi untuk mendapatkan data yang berasal dari SLB/B Dena Upkara ataupun website. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa itu aktivitas belajar yang dilakukan memiliki tiga ciri yang menandakan bahwa komunikasi yang digunakan adalah komunikasi interpersonal yaitu selektif, unik, dan transaksional. Selain itu digunakan beberapa bentuk komunikasi nonverbal. Bentuk komunikasi nonverbal yang digunakan yaitu haptics, proxemic, kinesika, faktor lingkungan, dan paralanguage. Penggunaan bentuk tersebut bertujuan untuk memberikan penekanan tertentu pada setiap bahasa yang diajarkan sehingga siswa menjadi lebih mudah untuk memahami.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, komunikasi nonverbal, aktivitas belajar bahasa.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:26
Last Modified: 01 Apr 2019 03:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17888

Actions (login required)

View Item View Item