CITRA BALI ZOO DI MATA WISATAWAN MANCANEGARA (Analisis Isi Ulasan Wisatawan Mancanegara di Situs TripAdvisor Milik Bali Zoo)

MARLYNDA, ANGELA CONIE (2018) CITRA BALI ZOO DI MATA WISATAWAN MANCANEGARA (Analisis Isi Ulasan Wisatawan Mancanegara di Situs TripAdvisor Milik Bali Zoo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05431.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Analisis isi merupakan metode yang sering dipakai dalam ilmu komunikasi, terutama dalam menganalisis isi media cetak maupun elektronik. Analisis isi dapat digunakan dalam komunikasi baik itu komunikasi antar kelompok, pribadi, maupun organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra Bali Zoo yang dilihat dari ulasan wisatawan mancanegara di situs TripAdvisor. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 195 ulasan wisatawan mancanegara, sedangkan sampling yang dipakai adalah total sampling. Analisis data yang digunakan adalah ulasan wisatawan mancanegara dari bulan Juni- Agustus 2017. Pada penelitian ini peneliti memakai 3 indikator pengukur citra, yaitu kesan, kepercayaan, dan sikap. Indikator citra tersebut diturunkan lagi menjadi 5 komponen yaitu program yang ditawarkan, pelayanan, informasi, tanggung jawab, dan sikap. Dari 195 ulasan wisatawan mancanegara terdapat 161 atau 83% ulasan wisatawan mancanegara yang bernada menyenangkan dan positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra Bali Zoo jika dilihat dari ulasan wisatawan mancanegara adalah positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis isi, citra, ulasan wisatawan mancanegara, dan tripadvisor
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:46
Last Modified: 01 Apr 2019 03:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17900

Actions (login required)

View Item View Item