PERSEPSI PENGAJAR ORANG INDONESIA TERHADAP PEMBELAJAR WARGA NEGARA ASING (Studi Kasus Persepsi Budaya Di Program Indonesian Language And Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)

Septi, Adisti Arpha (2018) PERSEPSI PENGAJAR ORANG INDONESIA TERHADAP PEMBELAJAR WARGA NEGARA ASING (Studi Kasus Persepsi Budaya Di Program Indonesian Language And Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05469.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Setiap individu memiliki persepsi terhadap individu lain atau suatu objek tertentu. Persepsi dipengaruhi oleh faktor sosial dalam kehidupan, salah satunya adalah budaya. Terlebih ketika persepsi itu bertemu dengan budaya lainnya dan menimbulkan komunikasi antarbudaya. Adanya hal ini membuat persepsi dan komunikasi antarbudaya dekat kaitannya. Penelitian ini merupakan penelitian yang meneliti persepsi pada komunikasi antarbudaya di Program Indonesian Languange and Culture Intensive Course Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penelitian ini berfokus pada penjelasan persepsi pengajar orang Indonesia terhadap pembelajar warga negara asing baik dari negara Barat maupun negara Timur di program Indonesia Language and Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan kaitannya dengan komunikasi antarbudaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi pengajar orang Indonesia terhadap pembelajar warga negara asing di program Indonesia Language and Culture Intensive Course. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dianalisis merupakan hasil wawancara terhadap pengajar orang Indonesia di Program Indonesian Languange and Culture Intensive Course (ILCIC) Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi pengajar orang Indonesia terhadap pembelajar warga negara asing di program ILCIC dari negara Barat dan Timur, serta sumber dari persepsi pengajar orang Indonesia terhadap pembelajar warga negara asing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, komunikasi antarbudaya
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 04:19
Last Modified: 01 Apr 2019 04:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17909

Actions (login required)

View Item View Item