Analisis Semiotika Foto tentang Penolakan Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Harian Tribun Jogja

Valentin, Jeannet (2018) Analisis Semiotika Foto tentang Penolakan Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Harian Tribun Jogja. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04942.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai makna yang terkandung pada foto-foto penolakan pembangunan Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Tribun Jogja periode Desember 2017-Januari 2018. Peneliti memilih topik ini karena isu pembangunan Bandara NYIA menarik dan menjadi perbincangan di masyarakat setelah ada peristiwa penggusuran paksa. Teori yang digunakan adalah Semiotika milik Charles Sanders Peirce dan foto jurnalistik. Peneliti menganalisis empat foto dengan relasi triadik milik Peirce, yaitu tanda, objek, dan interpretan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keempat foto mengungkapkan makna perlawanan warga kepada pemerintah lewat aksi demo serta menghadang aparat. Warga melakukan aksi perlawanan karena pemerintah meratakan lahan sawah, dan menghancurkan rumah warga yang sudah ditempati. Akibatnya, warga kehilangan pekerjaan sebagai petani. Warga yang terkena dampak tidak tahu bagaimana menjalani kehidupan selanjutnya. Hal ini yang membuat warga berani menolak dan melakukan aksi perlawanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: semiotika, foto jurnalistik, penolakan, bandara NYIA
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:28
Last Modified: 04 Apr 2019 01:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17998

Actions (login required)

View Item View Item