METODE KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN (Studi Kasus pada Anak dengan Gangguan Autisme di Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha Yogyakarta)

Ningrum, Natalia (2018) METODE KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN (Studi Kasus pada Anak dengan Gangguan Autisme di Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05305.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sama seperti anak-anak pada umumnya, anak berkebutuhan khusus seperti penyandang autisme juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Sekolah inklusi merupakan salah satu jawabannya. Namun terdapat kriteria khusus agar anak autis dapat masuk ke sekolah inklusi. Maka dari itu pendampingan dibutuhkan untuk mempersiapkan mereka. Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha Yogyakarta menggunakan komunikasi interpersonal sebagai metode pendampingan. Maka dari itu pada penelitian ini peneliti akan memaparkan hasil temuan data mengenai bagaimana metode komunikasi interpersonal guru terhadap anak berkebutuhan khusus di Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha Yogyakarta dalam melakukan pendampingan. Penelitian ini akan lebih berfokus pada teori komunikasi interpersonal dalam konteks komunikasi intruksional dan bentuk komunikasi interpersonal. Namun peneliti juga akan melihat hambatan dan etika komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan dirancang menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan dua jenis data untuk mengumpulkan informasi dan fakta yakni menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga hal utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha Yogyakarta menggunakan komunikasi interpersonal sebagai metode pendampingan. Guru-guru di Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha Yogyakarta menggunakan dua macam bentuk komunikasi, yakni komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Selama melakukan pendampingan guru-guru sering mengalami hambatan internal. Guru juga harus memperhatikan etika pada saat melakukan pendampingan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Intruksional, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:44
Last Modified: 04 Apr 2019 01:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18004

Actions (login required)

View Item View Item