PERSEPSI PENGELOLA SEKOLAH DASAR TENTANG KOMUNIKASI CSR PT KONIMEX PADA PROGRAM CSR PROYEK SANITASI SEKOLAH DI KABUPATEN SUKOHARJO

Ferdiana, Claudia Eveline (2018) PERSEPSI PENGELOLA SEKOLAH DASAR TENTANG KOMUNIKASI CSR PT KONIMEX PADA PROGRAM CSR PROYEK SANITASI SEKOLAH DI KABUPATEN SUKOHARJO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05368.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Undang-undang No. 40 Tahun 2007 mewajibkan perusahaan untuk melakukan corporate social responsibility (CSR). Program CSR dilakukan sesuai dengan kebutuhan dari stakeholders. Untuk mengetahui kebutuhan stakeholders, perusahaan melakukan komunikasi CSR kepada stakeholders. Komunikasi CSR tidak hanya dilakukan untuk menyampaikan informasi program CSR, melainkan juga memahami hal yang menjadi harapan, kebutuhan, dan keinginan dari stakeholders, serta menggunakan saluran komunikasi CSR. Pentingnya komunikasi pada program CSR, perlu adanya evaluasi komunikasi CSR dengan mengetahui dan mengeksplor persepsi stakeholders. Objek penelitian ini adalah komunikasi CSR PT Konimex pada program CSR Proyek Sanitasi Sekolah di Kabupaten Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi pengelola sekolah dasar sebagai target sasaran program CSR PT Konimex tentang komunikasi CSR PT Konimex, baik dalam menyampaikan informasi program CSR PT Konimex dan dalam melibatkan pengelola sekolah dasar pada program CSR PT Konimex. Persepsi komunikasi CSR yang berdasarkan pada komunikator, pesan, dan media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengelola sekolah dasar memiliki persepsi positif dan negatif pada komunikasi CSR PT Konimex pada Program CSR Proyek Sanitasi Sekolah. Persepsi positif yang mana informasi program CSR disampaikan secara jelas dan transparan, PT Konimex memperhatikan kebutuhan lingkungan sekitar dengan melakukan program CSR yang peduli lingkungan dan kesehatan; adanya komunikasi dua arah secara lancar; PT Konimex melakukan program CSR yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan sekolah; saluran komunikasi yang mempermudah, mempercepat, memperjelas, dan memuaskan dalam komunikasi CSR. Persepsi negatif dikarenakan PT Konimex tidak melakukan follow up secara merata kepada setiap sekolah dan tidak menyampaikan hasil dari program CSR kepada pengelola sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CSR, Komunikasi CSR, Persepsi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:49
Last Modified: 04 Apr 2019 01:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18006

Actions (login required)

View Item View Item