PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN HOTEL GRAND TJOKRO KLATEN

Srimranani, Chatarina Endang (2018) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN HOTEL GRAND TJOKRO KLATEN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21551.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor kepuasan kerja, yaitu gaji atau upah, pekerjaan itu sendiri, perilaku pemimpin, pengembangan diri, dan hubungan interpersonal terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Hotel Grand Tjokro Klaten. Data yang digunakan adalah data primer, dan diperoleh dengan menyebarkan 55 kuesioner pada karyawan hotel Grand Tjokro Klaten. Alat untuk mengukur tingkat persepsi karyawan menggunakan analisis deskriptif. Selanjutnya, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan tujuan untuk melihat pengaruh antara variabel faktor kepuasan kerja terhadap OCB. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa, dari 5 faktor kepuasan kerja hanya variabel perilaku pemimpin yang memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap OCB (hipotesis ditolak) dan 4 faktor lainnya seperti gaji atau upah, pekerjaan itu sendiri, pengembangan diri dan hubungan interpersonal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap OCB (hipotesis diterima).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gaji atau upah, pekerjaan itu sendiri, perilaku pemimpin, pengembangan diri, hubungan interpersonal, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:44
Last Modified: 04 Apr 2019 04:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18032

Actions (login required)

View Item View Item