PENGARUH KEPUASAN KOMUNIKASI DOWNWARD TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Survei Pada Bank Perkreditan Rakyat Arfindo Cabang Sorong)

UNTAJANA, SAMANTHA GOLDAMEYER (2018) PENGARUH KEPUASAN KOMUNIKASI DOWNWARD TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Survei Pada Bank Perkreditan Rakyat Arfindo Cabang Sorong). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05254.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan komunikasi downward terhadap kinerja karyawan di BPR Arfindo cabang Sorong dengan insentif dari perusahaan sebagai pengontrol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di BPR Arfindo cabang Sorong yang berjumlah 47 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah pertanyaan sebanyak 56, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dan korelasi parsial untuk mengetahui hubungan antar variabel serta regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Karyawan puas dengan komunikasi downward yang berjalan dalam perusahaan, kinerja karyawan tergolong tinggi dan insentif yang diberikan oleh perusahaan juga beragam ; (2) Kepuasan komunikasi downward memiliki hubungan yang tinggi dengan kinerja karyawan dan insentif dari perusahaan berpengaruh sangat rendah terhadap hubungan keduanya ; (3) Kepuasan komunikasi downward memengaruhi dengan kuat dan signifikan kinerja karyawan saat dipengaruhi oleh insentif dari perusahaan di BPR Arfindo cabang Sorong. Semakin beragam insentif yang diberikan oleh perusahaan dan semakin puas karyawan terhadap komunikasi downward maka kinerja karyawan akan semakin baik. Komunikasi downward perlu diperhatikan oleh perusahaan karena memiliki pengaruh yang tinggi kepada kinerja karyawan di sana. BPR Arfindo cabang Sorong dapat mencapai tujuan dengan memberdayakan karyawan. Komunikasi downward membantu memberdayakan karyawan dengan membuat mereka mengenali perusahaan serta mengetahui tugas dan cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi downward, kinerja karyawan, insentif
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 05:40
Last Modified: 05 Apr 2019 05:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item