PRAKTIK KOMUNIKASI DALAM PERTUNJUKAN 100% YOGYAKARTA (Studi Kasus pada pertunjukan seni teater oleh Rimini Protokoll dan Teater Garasi dengan pendekatan estetika seni partisipatoris)

PRATYAKSA, GREGORIUS (2019) PRAKTIK KOMUNIKASI DALAM PERTUNJUKAN 100% YOGYAKARTA (Studi Kasus pada pertunjukan seni teater oleh Rimini Protokoll dan Teater Garasi dengan pendekatan estetika seni partisipatoris). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04903.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Praktik komunikasi yang diwujudkan dalam 100% Yogyakarta pada dasarnya tumbuh dan berkembang dalam bangunan ruang publik yang digerakkan oleh seni partisipatoris. Yogyakarta dengan identitas sebagai pusat aktivitas budaya Jawa, juga tempat mahasiswa menginisiasi tren budaya dan politik kemudian mampu mewujudkan praktik komunikasi yang khas dalam 100% Yogyakarta. Khas karena 100% Yogyakarta mampu mengemas data statistik menjadi diskursus dengan cakrawala yang luas mengenai Yogyakarta. Data statistik disini kemudian bukan hanya menjadi infografis mengenai Yogyakarta, namun sampai pada membentuk konsesus universal mengenai Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif dan berjenis studi kasus sehingga memudahkan peneliti untuk masuk dan mendalami 100% Yogyakarta dalam kajiannya mengenai praktik komunikasi. Pengumpulan data menggunakan yang pada umumnya penelitian kulitatif lakukan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data yang dibuat menggunakan teknik direct interpretation, sehingga peneliti harus konsisten untuk dapat melihat hanya pada satu kasus. Ini untuk mendukung analisis yang akhirnya secara rinci mampu mempresentasikan secara kronologis apa yang terjadi dengan 100% Yogyakarta. Hasilnya 100% Yogyakarta mampu diukur bahwa sangat partisipatoris, dimana dialog terjadi sehingga bukan perspektif tunggal yang digunakan. Dialog yang dilakukan adalah dengan menggunakan praktik komunikasi yang melibatkan etos aktor, dimana etos aktor terus menemui simpul kontradiksi yang dinamis dalam 100% Yogyakarta. Pilihan untuk mencapai konsesus universal mengenai Yogyakarta adalah kontra atau sebaliknya, dimana ini semua bersumber dari pengalaman dan pengetahuan estetis masyarakat Yogyakarta sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:18
Last Modified: 10 Apr 2019 03:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18208

Actions (login required)

View Item View Item