IMPLEMENTASI EMOTIONAL BRANDING PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KLINIK KECANTIKAN ETERNISKIN PERIODE JANUARI – OKTOBER 2018

WIJAYA, JUANARTA ANGGA (2019) IMPLEMENTASI EMOTIONAL BRANDING PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KLINIK KECANTIKAN ETERNISKIN PERIODE JANUARI – OKTOBER 2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05269.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada implementasi Emotional Branding pada strategi komunikasi pemasaran sebuah klinik kecantikan Eterniskin pada periode Januari – Oktober 2018. Emotional Branding merupakan pendekatan merek yang bertujuan untuk menyentuh sisi emosional dari target sasaran (Gobe, 2005) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Emotional Branding pada strategi komunikasi pemasaran klinik kecantikan Eterniskin berdasarkan tahapan strategi komunikasi pemasaran menurut Kotler dan Keller (Manajemen Pemasaran, 2009) dan peneliti melihat penerapan dari empat pilar penting Emotional Branding menurut Marc Gobe yakni hubungan, pengalaman panca indera, imajinasi dan visi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam bersama dengan manajemen Eterniskin dan Dreambox Branding Consultant serta dokumentasi. Kemudian penulis melakukan reduksi data (data reduction), penyajian kesimpulan data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verification) (Pawito, 2008, hal. 104). Penelitian ini menemukan bahwa konsep merek Eterniskin menggunakan implementasi Emotional Branding didalamnya. Strategi komunikasi pemasaran dilaksanakan sesuai dengan tahapan menurut Kotler dan Keller. Implementasi empat pilar Emotional Branding terletak pada beberapa tahapan strategi komunikasi pemasaran. Pengembangan hubungan nampak mulai dari penggalian karakteristik target sasaran dan pada perancangan pesan. Pengalaman panca indera diterapkan pada klinik, Eterniskin menggunakan bauran komunikasi untuk mengajak target mengalaman pengalaman panca indera. Imajinasi pelanggan dimanfaatkan melalui desain merek Eterniskin yang cheerful namun tetap simpel. Visi Eterniskin untuk memberikan kecantikan dengan proses yang tepat disampaikan melalui promosi penjualan, iklan di media sosial dan acara yang Eterniskin adakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Emotional Branding, strategi komunikasi pemasaran, klinik kecantikan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:58
Last Modified: 10 Apr 2019 03:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18214

Actions (login required)

View Item View Item