PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN TIM SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PLATINUM ADISUCIPTO YOGYAKARTA HOTEL & CONFERENCE CENTER

Tanaya, Febriayu Mahaenda (2019) PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN TIM SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PLATINUM ADISUCIPTO YOGYAKARTA HOTEL & CONFERENCE CENTER. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21439.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan komitmen tim sebagai variabel moderasi pada Platinum Adisucipto Yogyakarta Hotel & Conference Center. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja. Variabel moderasi dalam penelitian ini adalah komitmen tim. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner kepada karyawan Platinum Adisucipto Yogyakarta Hotel & Conference Center. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 130 karyawan, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 57 karyawan. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel ini adalah metode purposive sampling dengan syarat karyawan Platinum Adisucipto Yogyakarta Hotel & Conference Center yang sudah bekerja setidaknya selama 6 bulan. Regresi sederhana dan regresi berganda digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis. Hasilnya menunjukkan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), sama seperti komitmen tim memiliki pengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dimoderasi oleh komitmen tim, sehingga pengaruh itu semakin kuat ketika komitmen tim tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja, komitmen tim, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB).
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:22
Last Modified: 11 Apr 2019 04:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18280

Actions (login required)

View Item View Item