REPRESENTASI GAYA HIDUP DI DALAM KOMIK STRIP “MICE CARTOON” (Analisis Mice Cartoon Terbitan 3 September 2017 dan 12 November 2017 Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes)

ARIEF, BAGAS MUFLIH (2019) REPRESENTASI GAYA HIDUP DI DALAM KOMIK STRIP “MICE CARTOON” (Analisis Mice Cartoon Terbitan 3 September 2017 dan 12 November 2017 Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04590.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komik strip Mice Cartoon adalah sebuah komik yang diterbitkan seminggu sekali di setiap hari Minggu di harian Kompas. Komik ini selalu bertemakan kejadian sehari-hari yang terjadi di masyarakat metropolitan, khususnya Jakarta. Komik strip terbitan 3 September 2017 dan 12 November 2017 ini menceritakan bagaimana keseharian seseorang dengan handphonenya. Sebagai salah satu media komunikasi, handphone dipergunakan untuk saling memberikan pesan dan kabar. Berbeda dengan yang terjadi saat ini, media komunikasi ini sudah berubah dengan pesat dan tidak hanya digunakan untuk saling memberikan kabar, namun juga untuk mendapatkan infromasi dan hiburan. Hal tersebut membuat handphone menjadi sesuatu hal yang sulit untuk dilepaskan di dalam komik strip ini. Semiotika Roland Barthes digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis tanda-tanda yang muncul dalam komik strip Mice Cartoon ini terkait dengan representasi gaya hidup yang ada di masyarakat hingga akan v berujung diperolehnya sebuah gaya hidup yang diceritakan pada komik. Gaya hidup yang direpresentasikan di dalam komik ini yang kemudian akan menjadi hasil dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: representasi, komik strip, gaya hidup, semiotika, handphone
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 05:48
Last Modified: 11 Apr 2019 05:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item