PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TERKAIT DENGAN KINERJA KARYAWAN DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PALANGKA RAYA)

MUTIARA, FLORENTINA KRENSENSIA (2019) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TERKAIT DENGAN KINERJA KARYAWAN DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PALANGKA RAYA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05288.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses komunikasi interpersonal pada dasarnya menjadi salah satu kebutuhan manusia untuk bertahan hidup. Komunikasi interpersonal yang dilakukan khususnya di organisasi adalah untuk mempertahankan hubungan komunikasi antara atasan dan bawahan. Komunikasi interpersonal memiliki keterbatasan baik dalam verbal maupun nonverbal (Mulyana, 2010:81). Perilaku dari komunikasi interpersonal dapar memelihara motivasi yang dimiliki oleh karyawan untuk mencapai tujuan organisasi atau tujuan masing-masing individu. Motivasi sendiri memiliki jenis yaitu motivasi positif dan motivasi negatif (Usmara, 2006:11) Penelitian dilakukan meggunakan deskriptif kualitiatif. Penelitian dilakukan menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara kepada lima narasumber (Kepala Dinas, Kepala Bidang Pemasaran, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, dan dua staf yang di bagi menjadi OB dan PNS), dengan observasi melihat dan mengamati kejadian di lapangan serta dokumentasi yang berada dilapangan.proses penelitian dilakukan dengan menggunakan pertanyaan wawancara kepada partisipan, mengumpulkan dan mengamati yang terjadi dilapangan dan menganalisis. Setelah penelitian didapatkan bahwa proses komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan yang terjadi dilapangan merupakan komunikasi yang berdasarkan perintah kerja, selain itu motivasi yang dimiliki oleh setiap pegawai sangat kompleks, dan penilaian kinerja karyawan yang dilakukan secara tertutup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proses komunikasi interpersonal, motivasi, kinerja karyawan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:03
Last Modified: 11 Apr 2019 06:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18297

Actions (login required)

View Item View Item