MANAJEMEN MEDIA INTERNAL GKI GEJAYAN

SAPUTRI, STEPHANIE BELLA (2019) MANAJEMEN MEDIA INTERNAL GKI GEJAYAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04915.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan berorganisasi. Sekalipun organisasi non profit, komunikasi dianggap penting. Untuk menjembatani komunikasi antara organisasi dan anggota organisasinya, organisasi memerlukan adanya media internal sebagai sarana komunikasi. Selain itu, media internal pun harus dikelola dengan adanya manajemen komunikasi yang terdiri dari planning, organizing, actuating dan controlling agar sehingga media internal yang digunakan dapat berjalan efektif dan sesuai dengan tujuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana manajemen media internal yang dilakukan oleh pengelola media GKI Gejayan dengan menggunakan fungsi manajemen yang terdiri dari planning, organizing, actuating dan controlling. Peneliti menggunakan empat teori yaitu komunikasi organisasi, media internal, manajemen komunikasi dan media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan analisis arsip dokumen dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Yakni dengan melakukan wawancarai lima orang yang terdiri dari dua supervisor dan tiga pengelola media internal GKI Gejayan. Selain itu, peneliti pun mengamati isi konten beberapa media internal GKI Gejayan, dimana media internal menargetkan jemaat sebagai khalayak media. Penelitian ini menyimpulkan bahwa fungsi manajemen menurut Gerry sesuai dengan praktik manajemen media internal yang ada di GKI Gejayan. Dapat dikatakan sesuai dikarenakan fungsi manajemen planning, organizing, actuating dan controlling sesuai dengan aktivitas manajemen media internal yang dilakukan oleh pengelola di GKI Gejayan. Dilihat dari konsep komunikasi yang dilakukan dalam media internal, secara keseluruhan bersifat informatif yang ditujukan bagi khalayak media. Konten yang yang berisi informasi ibadah dan kegiatan-kegiatan GKI Gejayan disiapkan sesuai dengan tema dan didesain yang bertujuan untuk menarik perhatian khayalak media. Dalam komunikasi yang dilakukan pun, peneliti melihat pengelola media memiliki kemampuan membuat konten sesuai dengan keinginan khalayak, sehingga peneliti menilai admin media sebagai komunikasi mampu memahami informasi apa yang penting untuk diketahui oleh para viewers, followers dan pembacanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Media, Media Internal, Gereja.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:52
Last Modified: 15 Apr 2019 07:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18385

Actions (login required)

View Item View Item