PEMANFAATAN WHATSAPP UNTUK MENJALIN KOMUNIKASI DENGAN KONSUMEN DI GRAND KEISHA BY HORISON HOTEL YOGYAKARTA

PRAYOGO, CAROLINE GABBY AMADEA (2019) PEMANFAATAN WHATSAPP UNTUK MENJALIN KOMUNIKASI DENGAN KONSUMEN DI GRAND KEISHA BY HORISON HOTEL YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04895.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan Whatsapp dalam menjalin komunikasi dengan konsumen di Grand Keisha by Horison Hotel. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mendeskripsikan pemanfaatan Whatsapp dalam menjalin komunikasi dengan konsumen, serta menemukan bagaimana pemanfaatan Whatsapp yang dilakukan dilihat dari fitur-fitur yang digunakan beserta fungsinya dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Data yang diperoleh merupakan hasil wawancara dengan pihak public relations manager, front office dan juga tiga konsumen yang ada. Dari hasil wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pemanfaatan Whatsapp yang dijalankan oleh Grand Keisha meliputi penyampaian greetings, informasi produk, transaksi produk, penyampaian keluhan konsumen dan juga dalam penyampaian permintaan, masukkan atau saran dari konsumen. Kekuatan Whatsapp sebagai jenis dari new media ini dapat dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan semua konsumen Grand Keisha. Karakteristik Whatsapp seperti direct feedback, tidak terbatas jarak dan waktu dan juga menciptakan hubungan yang lebih intens memberikan manfaat bagi perusahaan dalam menjalin komunikasi dengan konsumennya. Komunikasi yang dijalin perusahaan dengan memanfaatkan Whatsapp ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang dimiliki oleh konsumennya sehingga dapat membantu dalam upaya menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. Selain itu pemanfaatan Whatsapp ini dilakukan dengan penggunaan fitur-fitur yang ditawarkan seperti mengirim pesan teks, dokumen, berbagi kontak, berbagi lokasi dan mengirimkan kartu kontak ini memberikan kemudahan bagi perusahaan dan juga konsumen untuk saling berkomunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, new media, Whatsapp, hubungan konsumen
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:33
Last Modified: 16 Apr 2019 03:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

View Item View Item