TAKTIK KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PERSONAL SELLING PERUSAHAAN PROPERTI DI YOGYAKARTA (Kasus pada Staf Marketing Apartemen Taman Melati Yogyakarta)

SIBARANI, EUNIKE ERLIN (2019) TAKTIK KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PERSONAL SELLING PERUSAHAAN PROPERTI DI YOGYAKARTA (Kasus pada Staf Marketing Apartemen Taman Melati Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05230.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal berorientasi pada verbal dan non verbal atau perilaku sehingga dalam proses penyampaiannya ditekankan dari satu orang ke orang lain. Pada penelitian ini, taktik komunikasi berkaitan dengan pesan simbol verbal, yaitu adanya posisi pesan, struktur pesan, daya tarik pesan, dan simpulan pesan. Selain simbol verbal, berkaitan pula dengan simbol non verbal, yaitu kinesics, kontak mata, dan sentuhan. Sehingga dalam penelitian ini, taktik komunikasi interpersonal yang dimaksud adalah detail aksi-aksi komunikasi untuk penyampaian suatu pesan secara verbal dan non verbal agar tujuannya dapat tercapai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, metode penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan personal selling terjadi pertukaran pesan secara verbal dan non verbal antara staf marketing dan konsumen. Penelitian mengenai analisis taktik komunikasi interpersonal ini juga memberikan pemahaman bahwa pada praktiknya, taktik komunikasi interpersonal secara verbal posisi pesan cenderung positif dengan struktur pesan yang berkembang dari klimaks menjadi antiklimaks dan simpulan pesan yang berkembang pula dari tersirat menjadi tersurat. Sedangkan taktik komunikasi interpersonal secara non verbal lebih kepada kontak mata, ekspresi wajah, dan illustrators.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Taktik Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, dan Personal Selling.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:37
Last Modified: 16 Apr 2019 03:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18397

Actions (login required)

View Item View Item