PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PARA PENARI BALI (Studi Fenomenologi Pembentukan Konsep Diri Para Penari Bali yang Tergabung dalam Sanggar Tari Agung Semara Dwipa, Denpasar Bali)

Larasati, Luh Made Agung Intan (2019) PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PARA PENARI BALI (Studi Fenomenologi Pembentukan Konsep Diri Para Penari Bali yang Tergabung dalam Sanggar Tari Agung Semara Dwipa, Denpasar Bali). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pembentukan konsep diri dari para penari Bali yang tergabung dalam Sanggar Tari Agung Semara Dwipa yang menggunakan analisis data kualitatif yang dimulai dari analisis berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Data tersebut baik dari studi pustaka, dan penelitian lapangan. Analisis data dalam penelitian ini juga mengacu pada model analisis data kualitatif. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan pada setiap perolehan data dari catatan lapangan yang sudah dikumpulkan, dideskripsikan, dianalisis, kemudian ditafsirkan sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian ini terkait dengan pembentukan konsep diri, dari teori interaksionisme simbolik (West dan Turner, 2008) terbagi menjadi 3 point yaitu Mind, Self, dan Society. Mind sebagai kemampuan individu dalam menggunakan simbol-simbol yang memiliki arti, Self merupakan kemampuan seseorang dalam menilai dirinya sendiri, tidak hanya sebagai subjek namun juga sebagai objek. Self terbagai menjadi dua konsep yaitu”me” ketika meilihat dirinya sebagai objek dan “I” ketika melihat dirinya sebagai subjek. Dan society merupakan jejaring hubungan sosial yang diciptakan oleh respon individu. Society terbagi menjadi particular others (keluarga, orang terdekat) dan generalized others (orang asing). Lalu dari konsep diri dari teori interaksionisme simbolik juga terbagi menjadi tiga point (West dan Turner, 2008), yaitu nilai, emosi, serta pengendalian diri individu di dalamnya. Pada dasarnya konsep diri seseorang diuji dan didukung dalam berbagai macam interaksi. Konsep diri juga merupakan kunci untuk memahami situasi sosial, oleh sebab itu konsep diri tidak hanya merupakan produk interaksi tetapi juga penentu jalannya sebuah interaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interaksionisme Simbolik, Konsep Diri, Penari, dan Interaksi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:45
Last Modified: 16 Apr 2019 03:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18399

Actions (login required)

View Item View Item