PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BIMBINGAN SKRIPSI (Studi Kasus pada Proses Bimbingan Dosen Pembimbing Skripsi dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY Periode Wisuda bulan Mei 2018)

OKTAVIANI, ELVINA (2019) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BIMBINGAN SKRIPSI (Studi Kasus pada Proses Bimbingan Dosen Pembimbing Skripsi dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY Periode Wisuda bulan Mei 2018). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
KOM052150.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM052151.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM052152.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB III)
KOM052153.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM052154.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara dosen pembimbing skripsi dan mahasiswa pada bimbingan skripsi. Yusuf (2010:14-15) menyatakan bahwa bimbingan kepada sasaran didik dilakukan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa untuk memecahkan masalah dalam proses belajarnya. Masalah yang dihadapi mahasiswa dalam bimbingan skripsi tidak hanya seputar penyusunan skripsi, tetapi banyak permasalahan di luar akademik yang dialami oleh mahasiswa sehingga menghambat proses pembuatan skripsi (Rindang dalam Triyana, 2015:24-25). Oleh karena itu, komunikasi dalam bimbingan skripsi berada pada ranah komunikasi pendidikan, namun dalam prosesnya terjadi komunikasi interpersonal yang tidak hanya berkaitan dengan pesan-pesan akademik saja, tetapi juga di luar akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah komunikasi interpersonal dalam proses bimbingan skripsi, dan mengidentifikasi kualitas komunikasi interpersonal pada proses komunikasi interpersonal antara dosen pembimbing skripsi dengan mahasiswa bimbingannya Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menemukan bahwa proses komunikasi interpersonal yang terjadi pada bimbingan skripsi sesuai dengan langkah-langkah menurut Suranto (2011:10) dengan memenuhi kualitas komunikasi interpersonal menurut DeVito (1997:259-264) yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Keterbukaan yang terjadi berkaitan dengan masalah tentang skripsi hingga masalah pribadi yang kemudian menumbuhkan empat kualitas lainnya. Proses komunikasi interpersonal dalam bimbingan skripsi tidak hanya membantu dalam penyusunan skripsi, tetapi juga masalah di luar skripsi yang dihadapi mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kualitas Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Skripsi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:18
Last Modified: 25 Apr 2019 02:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18451

Actions (login required)

View Item View Item