POLA JARINGAN KOMUNIKASI PADA ORGANISASI OFFICIAL MEDIA PARTNER PSS SLEMAN (Analisis Jaringan Komunikasi pada Organisasi Official Media Partner PSS Sleman; Official PSS, Elja TV, Elja Radio, BCS Channel, Sleman Football, dan Sleman Fans Education dalam Menyebarkan dan Proses Produksi Konten terkait Manifesto Mandiri Menghidupi)

SIMANULLANG, YOSAFAT BORNOK TUA (2018) POLA JARINGAN KOMUNIKASI PADA ORGANISASI OFFICIAL MEDIA PARTNER PSS SLEMAN (Analisis Jaringan Komunikasi pada Organisasi Official Media Partner PSS Sleman; Official PSS, Elja TV, Elja Radio, BCS Channel, Sleman Football, dan Sleman Fans Education dalam Menyebarkan dan Proses Produksi Konten terkait Manifesto Mandiri Menghidupi). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
KOM048360.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM048361.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM048362.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
KOM048363.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM048364.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Sekelompok orang yang berkomunikasi secara terus menerus akan membentuk pola komunikasi. Pola jaringan komunikasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kebiasaan dari suatu organisasi dalam berinteraksi, bertukar informasi, pikiran dan pengetahuan yang terjadi dalam jangka waktu tertentu. Official Media Partner PSS Sleman terdiri dari gabungan enam divisi yang merupakan media partner PSS Sleman, diakui dan diijinkan oleh PSS Sleman untuk memproduksi konten media apapun terkait PSS Sleman dan Suporter PSS Sleman. Termasuk penyebaran dan produksi konten mengenai Manifesto Mandiri Menghidupi milik Brigata Curva Sud. Dalam penyebaran dan produksi konten, seluruh anggota melakukan diskusi terlebih dahulu. Diskusi dapat dilakukan dengan siapa saja yang merupakan anggota dari Official Media Partner PSS Sleman. Kesemua anggota merupakan sampel dari penelitian, yaitu sebanyak 44 orang. Ketika proses diskusi berlangsung maka akan ditemukan pola jaringan komunikasi yang terbentuk dan siapa saja aktor yang berperan. Hal inilah yang menjadi fokus peneliti dalam penelitian ini. Penelitian Pola Jaringan Komunikasi pada organisasi Official Media Partner PSS Sleman dalam menyebarkan dan produksi konten terkait Manifesto Mandiri Menghidupi menggunakan metode analisis jaringan komunikasi yang berfokus pada relasi dan struktur. Analisis jaringan komunikasi setara dengan eksperimen, analisis isi, atau medote survei. Analisis data akan dibantu dengan software UCINET VI untuk mengambarkan sosiogram peta jaringan komunikasi yang terjadi di Official Media Partner PSS Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa aktor yang sudah tergabung lama dan berada di beberapa divisi yang ada di dalam Official Media Partner PSS Sleman menjadi aktor yang berperan besar dalam jaringan komunikasi yang terjadi. Serta pola jaringan komunikasi yang terbentuk merupakan pola jaringan komunikasi roda. Dimana ada beberapa aktor yang menjadi pusat dari komunikasi yang terjadi di Official Media Partner PSS Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi Official Media Partner PSS Sleman untuk mengetahui bagaimana jaringan xvi komunikasi yang terjadi di organisasi ini serta siapa saja aktor yang paling banyak berperan dalam komunikasi. Hasil penelitian ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan ketika hendak memilih pengurus organisasi ini, dikarenakan Official Media Partner PSS Sleman merupakan organisasi informal yang tidak memiliki struktur organisasi yang jelas karena menerapkan paham yang sama dengan Brigata Curva Sud, No Leader Just Together.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Jaringan Komunikasi, Peranan dalam Jaringan Komunikasi, Organisasi, Komunikasi Organisasi, Sepakbola
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:34
Last Modified: 25 Apr 2019 03:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item