PUSPARISA, YOSEPHA DEBRINA RATIH (2018) TELEVISI DAN ISU POLITIK (Studi Kasus Program Talkshow Mata Najwa Mengolah Isu Politik di Trans7). S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
KOM054010.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
KOM054011.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
KOM054012.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
||
Text (BAB III)
KOM054013.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
KOM054014.pdf Download (886kB) | Preview |
Abstract
Televisi sebagai bagian dari media massa berkompetisi menarik perhatian publik dengan beragam konten. Salah satu pengaruh televisi bagi penonton yakni menggiring opini publik. Unsur tersebut paling tampak dalam dunia politik, ketika penonton perlu mengambil keputusan akan suatu pilihan tertentu. Penelitian ini menggunakan Teori Agenda-Setting dan konsep televisi. Teori Agenda-Setting berfokus pada priming dan framing. Pembahasan mengenai televisi mencakup peran televisi, produksi program televisi, dan talkshow. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, sehingga pengumpulan data menekankan pada observasi dan wawancara mendalam. Objek penelitian ini adalah talkshow Mata Najwa di Trans7 dengan subjek penelitiannya tim produksi Mata Najwa (produser eksekutif, produser, dan tim riset). Penelitian ini dilakukan guna mengetahui cara talkshow Mata Najwa di Trans7 dalam mengolah isu-isu politik. Hasil penelitian ini menunjukkan, talkshow Mata Najwa menyusun agenda media dengan menentukan tema yang masuk dalam tahap priming. Proses berlanjut dengan melakukan riset terkait isu, pre-interview bintang tamu, dan mengolah gimmick. Gimmick merupakan cara tim Mata Najwa untuk membantu khalayak memahami konten sekaligus merupakan bagian dari framing. Gimmick adalah unsur utama untuk menyampaikan pesan-pesan bahasan pada penonton. Bentuknya berupa VT-VT terkait isu yang dibahas guna memudahkan penonton memahami topik politik. Segmentasi penonton Trans7 juga berpengaruh terhadap adanya elemen-elemen hiburan tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Televisi, Agenda-Setting, Politik, Talkshow |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 04:09 |
Last Modified: | 25 Apr 2019 04:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18463 |
Actions (login required)
View Item |