TELEVISI DAN ISU POLITIK (Studi Kasus Program Talkshow Mata Najwa Mengolah Isu Politik di Trans7)

PUSPARISA, YOSEPHA DEBRINA RATIH (2018) TELEVISI DAN ISU POLITIK (Studi Kasus Program Talkshow Mata Najwa Mengolah Isu Politik di Trans7). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
KOM054010.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM054011.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM054012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB III)
KOM054013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM054014.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Televisi sebagai bagian dari media massa berkompetisi menarik perhatian publik dengan beragam konten. Salah satu pengaruh televisi bagi penonton yakni menggiring opini publik. Unsur tersebut paling tampak dalam dunia politik, ketika penonton perlu mengambil keputusan akan suatu pilihan tertentu. Penelitian ini menggunakan Teori Agenda-Setting dan konsep televisi. Teori Agenda-Setting berfokus pada priming dan framing. Pembahasan mengenai televisi mencakup peran televisi, produksi program televisi, dan talkshow. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, sehingga pengumpulan data menekankan pada observasi dan wawancara mendalam. Objek penelitian ini adalah talkshow Mata Najwa di Trans7 dengan subjek penelitiannya tim produksi Mata Najwa (produser eksekutif, produser, dan tim riset). Penelitian ini dilakukan guna mengetahui cara talkshow Mata Najwa di Trans7 dalam mengolah isu-isu politik. Hasil penelitian ini menunjukkan, talkshow Mata Najwa menyusun agenda media dengan menentukan tema yang masuk dalam tahap priming. Proses berlanjut dengan melakukan riset terkait isu, pre-interview bintang tamu, dan mengolah gimmick. Gimmick merupakan cara tim Mata Najwa untuk membantu khalayak memahami konten sekaligus merupakan bagian dari framing. Gimmick adalah unsur utama untuk menyampaikan pesan-pesan bahasan pada penonton. Bentuknya berupa VT-VT terkait isu yang dibahas guna memudahkan penonton memahami topik politik. Segmentasi penonton Trans7 juga berpengaruh terhadap adanya elemen-elemen hiburan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Televisi, Agenda-Setting, Politik, Talkshow
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:09
Last Modified: 25 Apr 2019 04:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18463

Actions (login required)

View Item View Item