PERAN PUBLIC RELATIONS PT. GARUDA INDONESIA DALAM SOSIALISASI PESAWAT AIRBUS A330-200 KEPADA PELANGGAN

Budiyanto, Ria Angela (2010) PERAN PUBLIC RELATIONS PT. GARUDA INDONESIA DALAM SOSIALISASI PESAWAT AIRBUS A330-200 KEPADA PELANGGAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02799.pdf

Download (390Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02799.pdf

Download (127Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02799.pdf

Download (135Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02799.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02799.pdf

Download (2694Kb)

Abstract

Penelitian in berjudul “Peran Public Relations Garuda Indonesia Dalam Sosialisasi Pesawat Airbus A330-200 Kepada Pelanggan”. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengangkat studi kasus tentang sosialisasi Airbus A330-200 milik PT. Garuda Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas dan strategi Public Relations dalam sosialisasi Airbus A330-200 kepada pelanggan. Airbus A330-200 yang merupakan produk bari ini sangat menarik untuk ditelusuri lebih lanjut. Peran Public Relations dalam mensosialisasikan Airbus A330-200 ini sangat berpengaruh, karena program-program sosialisasi yang telah dirancang oleh PR Garuda tentunya akan sangat menarik respon publik dan membawa dampak positif bagi perusahaan. Dalam mensosialisasi Airbus A330-200, PR sebelumnya melakukan analisis untuk mengetahui segala informasi tentang pelanggan. Kemudian dibuat suatu program yang berkaitan dengan sosialisasi dengan tujuan memperkenalkan Airbus A330-200 kepada pelanggan. PR Garuda Indonesia dalam mensosialisasikan Airbus A330-200 menjalankan perannya sebagai fasilitator antara PT. Garuda Indonesia dan media. PR juga berperan sebagai pembicara ketika ada suatu hal yang berkaitan dengan Airbus A330-200, dalam hal ini PR harus memiliki keahlian berkomunikasi untuk meyakinkan pelanggan dan mempertahankan image Garuda Indonesia. Dalam hal merancang program sosialisasi, PR diberikan kepercayaan untuk menyusunnya, namun tetap membutuhkan pertimbangan dari pihak direksi. Aktivitas lobbying sering kali dilakukan untuk memudahkan hubungan dengan pihak-pihak terkait. Salah satu pihak yang membantu adalah pihak media, karena segala macam aktivitas sosialisasi A330-200 akan tersebar luas melalui media. Kegiatan sosialisasi Airbus A330-200 meliputi berita / artikel di media mengenai Airbus A330-200, promo tiket dalam rangka penerbangan perdana, seminar / jumpa pers yang berhubungan dengan Airbus A330-200, dan lain sebagainya. Public Relations Garuda Indonesia juga menjadi penulis (writer) berita seputar Airbus A330-200 dan orang pertama yang memiliki ide kreatif dalam membuat event atau promo khusus. Mendatangi seminar / jumpa pers berkaitan dengan Airbus A330-200 juga dilakukan oleh PR Garuda. Sebagai evaluasi, manajemen maskapai dengan rutin mengadakan rapat. Dalam rapat ini semua masalah akan dibahas secara tuntas dan dicari jalan keluarnya. Hal ini kemudian dijadikan referensi / tolak ukur bagi PR Garuda agar dapat mempertahankan citra positif PT. Garuda Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 13:49
Last Modified: 28 May 2013 13:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item