PROSES KOMUNIKASI PARTISIPATORI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM FAMILY STRENGTHENING KULON PROGO PERIODE 2017 DI NON GOVERNMENT ORGANIZATION SOS CHILDREN YOGYAKARTA

Sari, Indah Nur Atika (2019) PROSES KOMUNIKASI PARTISIPATORI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM FAMILY STRENGTHENING KULON PROGO PERIODE 2017 DI NON GOVERNMENT ORGANIZATION SOS CHILDREN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Indah Nur Atika Sari)
KOM05352.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada proses komunikasi partisipatori dalam pelaksanaan program pemberdayaan di Non Government Organization SOS Children Yogyakarta, yaitu program Family Strengthening. Komunikasi partisipatori merupakan komunikasi yang melibatkan individu dan masyarakat melalui proses pemberdayaan dan pembangunan proyek yang ditujukan untuk mereka. Proses ini biasanya difasilitasi oleh orang luar dengan melibatkan sebuah komunitas dalam sebuah dialog untuk mengidentifikasi masalah masyarakat, menyediakan sumber daya yang dibutuhkan, informasi atau pun keterampilan untuk mengatasi masalah (Chitnis, 2005, h. 230). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses komunikasi partisipatori dalam pelaksanaan program Family Strengthening di SOS Children Yogyakarta, serta menganalisis melalui tipe komunikasi partisipatori menurut Tufte dan Mefalopulus. Penelitian ini juga menganalisis partisipasi masyarakat pada program Family Strengthening menggunakan delapan tingkat partisipasi menurut Arnstein. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menemukan bahwa proses komunikasi partispatori dalam pelaksanaan program Family Strengthening di SOS Children Yogyakrta dilakukan secara langsung baik dengan model komunikasi monologi atau pun komunikasi diaogis. Tingkat partisipasi dari masyarakat berada di tingkatan terapi (therapy), yang memiliki arti bahwa masyarakat tidak seluruhnya dilibatkan sejak awal (Arnstein, 1969, h. 217). Tipe pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dalam program Family Strengthening SOS Children Yogyakara ini menggunakan strategi top down, yang artinya bahwa strategi yang digunakan sepenuhnya atas dasar perusahaan dan masyarakat tidak dilibatkan dari awal hingga akhir, namun hanya dilibatkan pada tahapan-tahapan tertentu saja (Suhartini, 2005, h. 11).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi Partisipatori, Tingkat Partisipasi Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Apr 2019 05:48
Last Modified: 30 Apr 2019 05:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18504

Actions (login required)

View Item View Item