REPRESENTASI PRESIDEN DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Semiotika Foto Presiden Joko Widodo mendekatkan diri dengan anak muda di Instagram @sekretariat.kabinet)

WIDYASTARI, LAURENTIA HESTY (2019) REPRESENTASI PRESIDEN DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Semiotika Foto Presiden Joko Widodo mendekatkan diri dengan anak muda di Instagram @sekretariat.kabinet). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LAURENTIA HESTY WIDYASTARI)
KOM05231.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana @sekretariat.kabinet membentuk citra presiden dekat dengan anak muda melalui Instagram berdasarkan semiotika Roland Barthes. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis semiotika. Sampel dalam penelitian ini adalah foto kegiatan presiden bersama anak muda pada instagram @sekretariat.kabinet yang berjumlah tujuh foto. Untuk membedah foto peneliti menggunakan bantuan teori utama yaitu citra pejabat publik dengan pisau bedah semiotika Roland Barthes. Peneliti melakukan identifikasi terhadap tanda visual dan verbal, kemudian menjabarkan makna denotasi konotasi, dan melakukan analisis pada setiap foto. Melalui ketujuh foto peneliti mendapatkan mitos. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Citra yang ditampilkan oleh presiden bukan merupakan citra natural karena tidak terlepas dari peran @sekretariat.kabinet dalam pembentukannya. (2) Citra yang ditampilkan oleh presiden merupakan bentuk kampanye terselubung. (3) Mitos diplomasi politik merupakan mitos yang muncul dari pembentukan citra @sekretariat.kabinet. (4) Anak muda merupakan suara potensial dalam pemilihan presiden 2019 sehingga dengan membangun citra kepada anak muda terdapat tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang sedang direncanakan. (5) Instagram merupakan media yang tepat digunakan dalam membangun citra disebabkan oleh aksesnya yang didominasi oleh anak muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra pejabat publik, anak muda, mitos diplomasi politik, Instagram
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 02 May 2019 03:32
Last Modified: 02 May 2019 03:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18517

Actions (login required)

View Item View Item