Motif dan Kepuasan Pembaca dalam Mengakses Media Online Mojok.co (Survei Pada Konsumen Pembaca Media Online Mojok.co Range Umur 18 – 34 Tahun di Kota Yogyakarta)

NUGRAHA R., RIO ADI (2019) Motif dan Kepuasan Pembaca dalam Mengakses Media Online Mojok.co (Survei Pada Konsumen Pembaca Media Online Mojok.co Range Umur 18 – 34 Tahun di Kota Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RIO ADI NUGRAHA R.)
KOM05479.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat semakin mudah untuk untuk mengakses informasi. Informasi sendiri termasuk kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat setiap harinya. Perkembangan tersebut tentunya memunculkan new media sebagai perkembangan teknologi media yang memanfaatkan jaringan internet sebagai prasyarat agar bisa berjalan. Salah satu media komunikasi massa yang termasuk dalam new media adalah media online. Tentunya media online dalam hal ini bersaing dengan media cetak dan penyiaran untuk berusaha memenuhi kebutuhan informasi khalayak. Mojok.co menjadi salah satu media online alternatif yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan menyajikan informasi berupa artikel opini yang disusun dengan karakteristik ciri khas dan gaya dari Mojok itu sendiri. Mojok.co sendiri merupakan media online yang santai dan juga bertugas menampung tulisan-tulisan dari kontributor penulis di luar Mojok.co yang punya kreativitas berlebih untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Adapun penelitian ini untuk mengetahui bagaimana motif dan kepuasan dari pembaca Mojok.co di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk kota Yogyakarta berumur 18 – 34 tahun. Tentunya pengambilan sampel responden dalam penelitian ini didasarkan pada kriteriakriteria yang sudah ditentukan sebelumnya oleh peneliti. Berdasarkan data yang didapat dari website kependudukan.jogjaprov.go.id, diperoleh data keseluruhan jumlah penduduk di Kota Yogyakarta yang berusia 18 – 34 tahun berjumlah 102.348 penduduk. Penelitian menggunakan 2 variabel, yaitu Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). GS merupakan motif khalayak untuk mengkonsumsi media, sedangkan GO merupakan komentar yang diberikan oleh khalayak setelah menggunakan media tersebut, apakah puas atau tidak. Kedua variabel tersebut disusun dalam berbagai pertanyaan, selanjutnya peneliti menghitung jumlah nilai mean dan membandingkan nilai mean GS dan GO. Data dari hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada responden selanjutnya dilakukan pengujian yaitu uji validitas dan reliabilitas pertanyaan, kemudian analisis identitas responden, lalu analisis data GS dan GO, tabulasi silang, kemudian uji T, menghitung jumlah mean GS dan GO, dan terakhir membandingkan secara total mean GS dan mean GO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji mean nilai GS dan GO, responden mendapat kepuasan pada kategori motif integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan dengan selisih mean 0 dan 0,11. Sedangkan kategori motif informasi dan identitas pribadi, responden belum mendapat kepuasan dengan selisih mean 0,23 dan 0,4. Kemudian hasil uji mean dijumlahkan secara total dan dibandingkan, maka diperoleh hasil bahwa responden belum mendapat kepuasan. Nilai mean GS secara total adalah 39,04. Sedangkan nilai mean GO secara total adalah 38,88. Dilihat dari kedua nilai GS dan GO tersebut, maka responden tidak mendapat kepuasan, di mana GS > GO. dengan selisih 0,16. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diharapkan xi dapat menjadi masukan informasi untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang sama mengenai motif dan kepuasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: New Media, motif dan kepuasan, media online
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 02 May 2019 03:56
Last Modified: 02 May 2019 03:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18519

Actions (login required)

View Item View Item