STRATEGI PRESENTASI DIRI PECINTA ANIME MELALUI INSTAGRAM DALAM MEWUJUDKAN CITRA POSITIF

PRANADYA, IGNATIUS NYOMAN BHAYU (2019) STRATEGI PRESENTASI DIRI PECINTA ANIME MELALUI INSTAGRAM DALAM MEWUJUDKAN CITRA POSITIF. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (IGNATIUS NYOMAN BHAYU PRANADYA)
KOM05030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan komunikasi di era modern saat ini khususnya media digital memiliki andil dalam seseorang menginformasikan dirinya kepada orang lain. Media digital digunakan sarana bagi individu sebagai panggung sandiwara dalam melakukan pengelolaan kesan dirinya dalam melakukan presentasi diri. Presentasi diri dikenal sebagai proses pengelolaan kesan atau impression management (Rakhmat, 2011, h. 95). Melalui proses pengelolaan kesan, individu mampu menyeleksi dan mengontrol perilaku mereka sesuai dengan situasi dimana perilaku pengelolaan kesan dihadirkan serta berfungsi untuk memproyeksikan pada orang lain suatu image yang diinginkan oleh individu tersebut. Stigma negatif yang didapatkan oleh pecinta anime di tengah masyarakat seperti pecinta anime yang memiliki sifat kekanak-kanakan dan anti sosial dapat mempengaruhi pecinta anime dalam melakukan presentasi diri melalui Instagram. Presentasi diri yang dilakukan oleh pecinta anime memiliki sebuah tujuan tertentu. Tujuan dalam presentasi diri melibatkan strategi presentasi yang bervariasi yang dilakukan oleh individu dalam mempresentasikan dirinya kepada orang lain (Jones dan Pittman, 1982, p. 231-262). Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengetahui strategi presentasi diri pecinta anime dalam mewujudkan citra positif melalui Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kesan yang dilakukan oleh narasumber pertama menggunakan strategi presentasi diri self promotion, narasumber yang kedua menggunakan strategi exemplification, narasumber yang ketiga menggunakan strategi presentasi diri self promotion, dan narasumber yang keempat menggunakan strategi presentasi diri ingratiation. Hal – hal tersebut menunjukkan bahwa Instagram memiliki peran penting dalam mewujudkan citra positif yang ingin dicapai. Stigma menjadi hal yang penting dalam penelitian ini dalam mempengaruhi tujuan dari presentasi diri yang dilakukan oleh narasumber dalam menunjukkan citra positifnya di tengah masyarakat melalui Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kesan, strategi presentasi diri, pecinta anime, citra positif
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 May 2019 03:44
Last Modified: 06 May 2019 03:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18539

Actions (login required)

View Item View Item