KEPUASAN PENGGUNA AKUN INSTAGRAM LAMBE TURAH (Studi Deskriptif Kuantitatif Kepuasan Pengguna Akun Instagram Lambe Turah Tentang Artis)

Maharani, Mediana (2019) KEPUASAN PENGGUNA AKUN INSTAGRAM LAMBE TURAH (Studi Deskriptif Kuantitatif Kepuasan Pengguna Akun Instagram Lambe Turah Tentang Artis). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Mediana Maharani)
KOM04938.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepuasaan pengguna atau followers akun Instagram Lambe Turah tentang dunia hiburan. Lambe Turah merupakan akun gosip di Instagram dengan jumlah followers terbanyak dan Lambe Turah adalah akun Instagram yang dibuat untuk memberikan informasi kepada khalayak mengenai berbagai kasus selebritis tanah air maupun mancanegara yang sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat, khususnya bagi pengguna sosial media Instagram. Pemilihan akun Instagram Lambe Turah dibandingkan dengan akun lainnya didasarkan pada pengamatan peneliti yang melihat jika foto dan video mengenai dunia hiburan ini lebih banyak diunggah di akun Lambe Turah daripada akun lain di Instagram maupun acara gosip di televisi atau portal berita online lainnya. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teori uses and gratification. Hasil dari penelitian ini bahwa akun Instagram Lambe Turah dapat memuaskan khalayak yang menggunakannya dilihat dari aspek hiburan, relaksasi, mengekspresikan pendapat, kenyamanan dan berbagi informasi. Sedangkan, pada kategori interaksi sosial, mencari informasi, waktu luang, memanfaatkan komunikasi dan pengetahuan tentang orang lain tidak dapat memuaskan khalayak yang menggunakan akun Instagram Lambe Turah. Pada penelitian ini terdapat hasil bahwa akun Instagram Lambe Turah sudah dapat memuaskan khalayak dalam berbagai kategori. Oleh sebab itu, maka akun Instagram Lambe Turah harus dapat mempertahankan kepuasan yang saat ini didapatkan dari khalayak dan memperbaiki kualitas sehingga tingkat kepuasan pengguna akun Instagram Lambe Turah akan terus meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gratification sought, gratification obtained, Lambe Turah, uses and Gratification
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 07 May 2019 04:26
Last Modified: 07 May 2019 04:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18553

Actions (login required)

View Item View Item