HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENDENGARKAN SIARAN ROHANI DENGAN KEPUASAN DALAM MENDAPATKAN PENGETAHUAN BUAH-BUAH ROH (Studi Eksplanatif dengan Uses & Gratification Theory di Radio DKJ FM Lubuklinggau)

CRISNANDA, CHATRINE (2019) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENDENGARKAN SIARAN ROHANI DENGAN KEPUASAN DALAM MENDAPATKAN PENGETAHUAN BUAH-BUAH ROH (Studi Eksplanatif dengan Uses & Gratification Theory di Radio DKJ FM Lubuklinggau). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHATRINE CRISNANDA)
KOM05388.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan dan penggunaan media merupakan hal yang dapat dilakukan oleh khalayak terhadap suatu media. Hal ini dilakukan khalayak tentunya bertujuan untuk pemenuhan kebutuhannya akan hiburan dan informasi. Penggunaan media juga didasari dengan teori uses and gratification. Penggunaan media yang dilakukan hingga akhirnya mendapatkan kepuasan untuk memenuhi kebutuhannya. Penggunaan media akan dilakukan oleh khalayak tentunya berdasarkan motivasi yang dimilikinya. Motivasi dalam hal ini akan mempengaruhi khalayak atau masyarakat untuk memilih dan menentukan penggunaan media hingga pada akhirnya akan merasakan kepuasan dalam kebutuhan informasi dan hiburan dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan radio DKJ Lubuklinggau sebagai objek penelitian melalui program acara siaran rohani “Firman Hari Ini”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mendengarkan siaran rohani dengan kepuasan pendengar dalam mendapatkan pengetahuan buah-buah Roh. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi massa yang melibatkan media massa yaitu radio sebagai perantara penyampaian pesan. Penelitian ini juga melihat kepuasan yang didapatkan khalayak melalui intensitas penggunaan media yang dilakukan. Kepuasan khalayak ini diukur dengan menggunakan teori uses and gratification melalui motif yang ada. Pada penelitian ini hanya melihat pada motif kognitif saja. Hal ini didasarkan karena melihat kepuasan pada tahap pengetahuan kerohanian terutama pengetahuan akan buah-buah Roh yang didapatkan pendengar radio DKJ FM. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan memanfaatkan kuesioner dalam mengumpulkan data. Pada akhirnya, terdapat hubungan antara intensitas mendengarkan siaran rohani dengan kepuasan dalam mendapatkan pengetahuan buah-buah Roh. Tingkat intensitas penggunaan sebuah media yang tinggi, berpengaruh pada tingkat kepuasan khalayak yang tinggi pula. Terlihat dari intensitas mendengarkan siaran rohani pada program acara “Firman Hari Ini” mendapatkan hasil lebih dari 50% memilih setuju pada setiap dimensinya. Pada setiap dimensi kepuasan dalam mendapatkan pengetahuan buah-buah Roh lebih dari 50% memilih sangat puas yaitu pada skor 5. Intensitas, Kepuasan, Uses and Gratification Theory

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Kepuasan, Uses and Gratification Theory
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 May 2019 03:09
Last Modified: 08 May 2019 03:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18557

Actions (login required)

View Item View Item