FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN (ANALISIS EKSPLANATIF PROGRAM ‘KULIAH TAMU PTFI’ BULAN OKTOBER 2010)

Perdana, Emmelia Ayu (2011) FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN (ANALISIS EKSPLANATIF PROGRAM ‘KULIAH TAMU PTFI’ BULAN OKTOBER 2010). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02930.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02930.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02930.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02930.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02930.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Kampanye adalah salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk membujuk dan memotivasi khalayak untuk berpartisipatif sehingga menciptakan efek yang telah direncanakan. Kampanye dilaksanakan dengan narasumber yang jelas, dilaksanakan dalam waktu tertentu, dan terorganisir. Dampak atau efek yang telah direncanakan salah satunya adalah pemahaman khalayak terhadap pesan yang disampaikan. Tingkat pemahaman khalayak dapat diukur dari kemampuan menjelaskan materi, menyebutkan contoh, memberikan kesimpulan, dan meramalkan kecenderungan selanjutnya. Tingkat pemahaman juga dipengaruhi oleh beberapa hal yang termasuk dalam unsur atau faktor-faktor dalam komunikasi yaitu kredibilitas komunikator, kualitas pesan, karakteristik audines, dan persepsi awal audiens terhadap penyelenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap tingkat pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan cross sectional survey. Kuesioner dibagikan kepada 196 orang yang mengikuti kuliah tamu PT Freeport Indonesia pada bulan Oktober 2010. Penelitian ini menggunakan total popupasi dalam menentukan sampel. Uji pengaruh menggunakan teknik analisis korelasi, regresi, dan analisis split. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dipengaruhi oleh kredibilitas komunikator, kualitas pesan, dan karakteristik audiens dan pengaruh itu semakan kuat pada audiens yang memiliki persepsi awal negatif terhadap perusahaan. Salah satu faktor yaitu kualitas pesan tidak berpengaruh secara signifikan dan secara langsung terhadap tingkat pemahaman. Hal ini disebebkan kualitas pesan tidak hanya bergantung pada karakteristik pesannya saja melainkan yang terpenting adalah pemaknaan terhadap pesan yang disampaikan sehingga audiens memahami makna pesan yang disampaikan. Hal ini tidak berarti bahwa kualitas pesan menjadi tidak penting namun perlu ditambahkan bahwa pesan yang berkualitas bukan sekedar pesan dengan karakteristik yang berkualitas namun juga harus disampaikan oleh komunikator yang kredibel yang mampu memahami karakteristik audiens sehingga makna dari pesan tersebut dapat tersampaikan pada audiens dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kampanye, kredibilitas komunikator, kualitas pesan, karakteristik audiens, persepsi awal audiens, tingkat pemahaman
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 14:07
Last Modified: 28 May 2013 14:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item