PENGARUH DIMENSI KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL Tbk-HONDA REGION YOGYAKARTA

Meilita, Dina (2019) PENGARUH DIMENSI KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL Tbk-HONDA REGION YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Dina Meilita)
EM21042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Keadilan Organisasional merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan komitmen organisasional karyawan. Dimensi Keadilan Organisasional Colquitt terdiri dari tiga yaitu keadilan prosedural, keadilan distributif, dan keadilan interaksional yang terdiri dari keadilan informasional dan keadilan interpersonal. Kemampuan sebuah perusahaan untuk memberikan keadilan organisasional kepada karyawan akan mampu meningkatkan komitmen organisasional karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi karyawan pada keadilan organisasional dan tingkat komitmen organisasional karyawan dengan menggunakan analisis one sample t-Test. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji pengaruh dimensi keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional karyawan, dengan menggunakan analisis regresi berganda. Sampel penelitian sebanyak 60 orang karyawan PT. Astra Internasional Tbk-Honda Region Yogyakarta yang telah bekerja minimal 1 tahun. Hasil penelitian ini menggunakan metode one sample t-Test memberikan bukti bahwa karyawan PT. Astra Internasional Tbk-Honda Region Yogyakarta memiliki persepsi keadilan organisasional yang tinggi dan karyawan memiliki tingkat komitmen organisasional yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda memberikan bukti bahwa dimensi keadilan organisasional secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasional karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keadilan Organisasional, Komitmen Organisasional.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 May 2019 02:36
Last Modified: 21 May 2019 02:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item