HARTANTO, SABRINA (2010) PENGELOLAAN WEBSITE DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK DI INSTANSI PEMERINTAH (Studi Komparasi Pengelolaan Website Pemerintah Kota Surakarta dan Pemerintah Kabupaten Sragen). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02692.pdf Download (809kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02692.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02692.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02692.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02692.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan teknologi (TIK) telah mengantarkan manusia pada peradaban yang lebih maju. Sebagai sebuah media baru, internet memiliki beberapa karakteristik, seperti media yang berbasis pada teknologi, berkarakter fleksibel, potensi interaktif, dapat berfungsi secara privat maupun publik, memiliki aturan yang rendah, dan keterhubungan. Namun, tidak semua manusia dapat memanfaatkannya. Umumnya, masyarakat yang tinggal di daerah kota lebih beruntung daripada mereka yang tinggal di daerah pinggiran. Pada masa kemerdekaan, masyarakat yang tinggal diluar pulau Jawa terlambat mengetahui bahwa negaranya telah merdeka. Masyarakat yang tinggal di daerah desa atau pinggiran kota umumnya lebih lambat dalam hal up-date informasi dibandingkan masyarakat yang tinggal di kota. Website Pemerintah Daerah merupakan salah satu strategi didalam melaksanakan pengembangan e-government secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur. Pembuatan website pemerintah memiliki tujuan agar masayarakat daerah tersebut dapat dengan mudah mendapat akses kepada pemerintah daerahnya. Website pemerintah tidak seperti website perusahaan swasta yang bertujuan memperoleh keuntungan dalam bentuk uang yang masuk ke perusahaan. Walaupun tidak menghasilkan profit secara langsung dari kehadiran website resmi pemerintah, namun, apabila dikelola dengan baik, pada akhirnya akan menghasilkan keuntungan. Keutungan yang diperoleh adalah berbentuknya citra positif pemerintah sehingga mampu menumbuhkan kepercayaan dimata masyarakat dan pada akhirnya mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam membangun dan memajukan daerahnya. Penelitian ini membandingkan bagaimana pengelolaan website pada Pemkot Surakarta dan Pemkab Sragen. Selain itu juga membandingkan bagaimana alur penyampaian informasi. Mulai dari berita atau news hingga bagaimana mekanisme pelayanan informasi dan keluhan pada kedua pemerintah daerah. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang pelaksanaannya menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan teknik analisis yang bersifat kualitatif. Parameter yang digunakan untuk membandingkan adalah konsep managemen media elektronik yang dikemukankan oleh Albaran. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan maupun persamaan pada pengelolaan website pada kedua instansi pemerintahan tersebut. Kedua website pemerintah daerah tersebut lebih bersifat informatif daripada komunikatif. Mekanisme pengelolaan pesan pada kedua pemda masih birokratif sehingga pesan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat direspon. Secara keseluruhan, penulis menyimpulkan bahwa pengelolaan website pada Pemkab Sragen tidak lebih tertinggal dengan Pemkot Surakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi komunikasi dan informasi, e-goverment, website resmi pemerintah, manajemen media |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 May 2013 08:52 |
Last Modified: | 29 May 2013 08:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1882 |
Actions (login required)
View Item |