Febriyanti, , (2011) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN PRODUK PERAWATAN TUBUH UNTUK LAKI-LAKI. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03002.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03002.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03002.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03002.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03002.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Iklan Clear Men dan L’Oreal Men expert merupakan iklan produk perawatan tubuh bagi laki-laki. Produk perawatan tubuh bagi laki-laki adalah produk yang cenderung baru di Indonesia. Menarik untuk melihat bagaimana iklan produk perawatan tubuh untuk laki-laki menampilkan maskulinitas. Iklan Clear dan L’Oreal menggunakan model laki-laki dan merepresentasikan maskulinitas menggunakan kode-kode tertentu. Kedua iklan ini sengaja dianalisis untuk mengetahui representasi maskulinitas yang tergambar didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana representasi maskulinitas dalam iklan produk perawatan tubuh untuk laki-laki. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Semiotika akan menunjukkan makna melalui elemenelemen bahasa seperti suara, bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi maskulinitas dalam kedua iklan, menguatkan mitos maskulinitas tradisional yang mengukuhkan ideologi patriarki. Dalam sejumlah adegan, maskulinitas direpresentasikan melalui kekuatan laki-laki, penempatan laki-laki di ranah publik, kepemilikan atribut yang menandakan kesuksesan dan kesejahteraan. Dalam beberapa adegan, kedua iklan menampilkan kode baru maskulinitas yakni tindak perawatan tubuh. Kapitalisme menampilkan tindak perawatan tubuh sebagai representasi maskulinitas dan mengarahkan laki-laki melakukan tindak konsumsi dalam rangka meraih idealisasi maskulinitas menurut iklan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Maskulinitas, Iklan, Ideologi patriarki, Kapitalisme |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 May 2013 08:55 |
Last Modified: | 29 May 2013 08:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1883 |
Actions (login required)
View Item |