PENGARUH AUTHENTIC ATMOSPHERICS PADA EMOSI DAN NIAT PERILAKU KONSUMEN (Studi Pada Rumah Makan The House of Raminten dan The Waroeng of Raminten)

Septian, Karina Rahma (2019) PENGARUH AUTHENTIC ATMOSPHERICS PADA EMOSI DAN NIAT PERILAKU KONSUMEN (Studi Pada Rumah Makan The House of Raminten dan The Waroeng of Raminten). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21273.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan harus mampu mendorong niat perilaku pembelian konsumen menjadi lebih positif pada produk atau jasa yang dijual. Untuk meningkatkan niat perilaku pembelian, faktor emosi (positif maupun negatif) dipengaruhi oleh stimuli seperti oleh atmosfer sebuah toko. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran respon emosi positif maupun respon emosi negatif dalam memediasi pengaruh persepsi konsumen pada rumah makan etnik pada niat berperilaku. Penelitian ini juga dilakukan untuk menguji perbedaan persepsi konsumen pada rumah makan etnik, respon emosi positif, respon emosi negatif dan niat berperilaku antara konsumen yang mengunjungi The House of Raminten dan konsumen yang mengunjungi The Waroeng of Raminten jalan Kaliurang. Sampel penelitian sebanyak 200 orang mahasiswa pernah membeli produk makanan atau minuman di rumah makan etnik The House of Raminten Kotabaru dan The Waroeng of Raminten jalan Kaliurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi konsumen pada rumah makan etnik memiliki pengaruh yang positif pada respon emosi positif. 2) Persepsi konsumen pada rumah makan etnik memiliki pengaruh yang negatif pada respon emosi negatif. 3) Respon emosi positif memiliki pengaruh yang positif pada niat berperilaku. 4) Respon emosi negatif memiliki pengaruh yang negatif pada niat berperilaku.5) Respon emosi positif maupun respon emosi negatif memediasi pengaruh persepsi konsumen pada rumah makan etnik pada niat berperilaku. 6) Konsumen yang berkunjung ke rumah makan etnik The House of Raminten Kotabaru merasa bahwa atmosfer rumah makan yang mencirikan etnis Jawa yang lebih baik hingga mereka memiliki respon emosi positif yang lebih tinggi dan respon emosi negatif yang lebih rendah dibandingkan saat konsumen berkunjung ke rumah makan etnik The Waroeng of Raminten jalan Kaliurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi konsumen pada rumah makan etnik, respon emosi positif, respon emosi negatif dan niat berperilaku.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Jun 2019 06:09
Last Modified: 10 Jun 2019 06:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18879

Actions (login required)

View Item View Item